Jumat, November 06, 2015

Ciri-Ciri Orang Yang Cinta KEBENARAN

1. Mencari kebenaran.
Mencari kebenaran, adalah salah satu ciri orang yang cinta kebenaran, jika anda adalah orang yang sudah lahir baru, maka anda harus terus mencari kebenaran (Matius 6:33). Kebenaran akan terus disingkapkan kepada setiap orang yang mau mencari, dan ketika anda menemukannya maka anda diperhadapkan kepada pilihan, taat kepada kebenaran yang sudah anda temukan ataukah anda mau melawan atau mengabaikan kebenaran. Jika anda melawan/mengabaikan kebenaran, bisa dipastikan anda adalah orang yang tidak cinta kepada kebenaran bahkan bisa jadi anda belum sungguh-sungguh lahir baru. Karena orang yang sudah lahir baru adalah orang yang di dalam hidupnya selalu untuk kebenaran (2 Korintus 13:8). Orang yang cinta kebenaran pasti berani mengambil keputusan untuk kebenaran, apapun resikonya.

2. Rindu orang lain diselamatkan.
Orang yang sudah lahir baru pasti rindu agar orang lain juga bisa menemukan kebenaran dan diselamatkan, dalam Roma 9:2-3, sikap inilah yang dilakukan oleh Paulus. Setelah diselamatkan Paulus sedih ketika melihat kaum sebangsanya yang belum percaya, banyak kaum sebangsanya yang menolak kebenaran, sikap inilah yang mendukakan hati Paulus. Kesedihan Paulus menunjukkan bahwa dia sangat rindu kaum sebangsanya menerima kebenaran yang ia beritakan. Apakah anda rindu supaya orang lain diselamatkan? Kerinduan ini tidak mungkin ada di dalam hati orang yang belum diselamatkan, karena itu pastikan terlebih dahulu anda menerima kebenaran itu dan diselamatkan. Jika hal-hal ini tidak ada dalam diri anda, sangat mungkin anda orang yang tidak cinta pada kebenaran.

3. Taat kepada perintah Tuhan.
Orang yang cinta kebenaran pastilah orang yang sudah diselamatkan, dan orang yang sudah diselamatkan pasti mengasihi Tuhan dan taat kepada perintah Tuhan (Yohanes 14:15). Orang yang cinta pada kebenaran akan melakukan Semua perintah Tuhan yang tercatat di dalam Alkitab, meskipun itu sulit. Misalnya: Selalu merenungkan Firman Tuhan (Yosua 1:8; Maz. 1:2); Senantiasa berdoa (2 Tes. 5:17); melakukan separasi dari ajaran-ajaran (doktrin) yang sudah jelas tidak sesuai dengan Firman Tuhan dan tidak menjadi serupa dengan dunia (Roma 12:2) dan sebagainya. Terkadang sulit untuk dilakukan tetapi, tetapi mana yang anda pilih? Taat karena anda cinta kepada kebenaran ataukah sebaliknya? Jika anda tidak taat terhadap perintah Tuhan, bisa dipastikan anda adalah orang yang tidak cinta pada kebenaran.

James Papuas, BBS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar