Sabtu, Februari 16, 2013

Pdt Abraham Alex Tanuseputra Dilaporkan Gelapkan Dana Rp 4,7 T
























Gonjang-ganjing Pengelolaan Uang Jemaat Gereja Bethany Indonesia Nginden Intan Sudah Ramai Sejak Akhir 2007
Sabtu, 16 Feb 2013 | 04:16 WIB

SURABAYA (Surabaya Pagi) - Siapa sangka dan duga, nama besar seorang pendeta bisa dijadikan pegangan sebagai tidak ada masalah terkait keuangan. Pdt. Abraham Alex Tanuseputra, yang belakangan ini diagung-agungkan sebagai Bapak Bethany, diduga menggelapkan uang jemaat Bethany sebesar Rp 4,7 triliun. ‘’Saya sudah konsultasi sampai tingkat Mabes Polri. Dari data yang saya sampaikan ke penyidik, dugaan ke Pendeta Abraham Alex, tidak hanya penggelapan dalam Gereja, tetapi indikasi kuat pencucian uang,’’ tegas Goerge Handiwiyanto, SE, SH, MH, usai diterima Dirserse khusus Polda Jatim, Jumat sore (15/2).



George memperkirakan, laporan pidana terhadap Pdt Abraham Alex, akan mengguncang masyarakat, karena terlapor adalah seorang pendeta. “Uang Jamaat itu dipersembahkan untuk jalan Tuhan bukan untuk pribadi atau dibagi-bagikan ke keluarga,’’ tegas advokat yang juga pemeluk agama Nasrani. Ia tegaskan, laporan ini untuk mengingatkan semua pihak yang mengelola keuangan jemaat, agama manapun harus amanah dan tidak digunakan untuk urusan bisnis dan keluarga. Alat bukti terkait dugaan penggelapan dan pencucian uang (Money Laundry) apa sudah disiapkan?. Dengan tegas, George menjawab “Saya ini mewakili hamba Tuhan yang menuntut kebenaran dan keadilan. Jadi saya tidak main-main. Apalagi dalam hukum, alat bukti harus lengkap dan akurat. Insya Allah, segera saya sampaikan secara resmi ke penyidik,’’ tambah pria yang dikenal aktivis hiburan, olahraga dan kegiatan sosial.


Menurut George Handiwiyanto, skandal pengelolaan keuangan Jemaat Gereja Bethany Indonesia yang berada di kawasan pemukiman Nginden Intan Timur Surabaya itu, sudah berlangsung lama. ‘’Tahun 2007 sudah muncul benih-benih tak sedap, tapi klien saya ingin menyelesaikan persuasif, sebab terkait dengan gereja dan jemaat. Tapi karena tidak ada itikad baik dari Pdt. Abraham Alex, maka dalam mencari kebenaran dan keadilan, klien saya yang juga pendeta meningkatkan ke Kementerian Agama. Tapi dalam mediasi, Pendeta Abraham Alex tidak hadir. Jadi kini saya tingkatkan ke pidana dan perdata, agar dijadikan pelajaran oleh siapa saja bahwa sepintar-pintar orang menyembunyikan kekotoran, pasti menyeruakkan aroma tak sedap,’’ pria paruh baya ini menambahkan.



Dijelaskan, sebelum ini, ia sudah melayangkan somasi baik kepada Pdt. Abraham Alex maupun Pdt. David Aswin Tanuseputra, yang tak lain adalah anaknya. ‘’Ini gereja kok dikelola oleh keluarganya, selain Aswin, ada anak perempuannya Hanna dan menantunya Pdt. Yusak Hadisiswantoro. Diantara keluarga ini juga kabarnya gegeran soal harta gereja,’’ Goerge menegaskan. Somasi ke Pdt Abraham Alex dilayangkan pada tanggal 16 Januari 2013 dengan nomor : 1508/Somasi/A/I/2013. Lalu somasi ke Pdt David Aswin Tanuseputra, juga tanggal 16 Januari 2003, dengan nomor : 1509/Somasi/A/I/2013. Alamat Pdt Abraham dan Pdt David Aswin, di Jl. Manyar Rejo II. No. 30 Surabaya.



Isi somasi George minta Pdt. Abraham Alex, selaku Ketua Umum Majelis Pekerja Sinode Periode 2003-2007 mempertanggungjawabkan kegiatan gereja, keuangan, inventaris dan aset. “Secara organisatoris gereja, sebagai orang yang mengklaim tokoh agama mestinya Pendeta Abraham Alex menaati aturan organisasi gereja… ehhh, dia malah minta diadakan akte perubahan dan kemudian membuat tata dasar dan tata tertib Gereja Bethany Indonesia. ini apa pantas disebut pemimpin agama?. Bahkan setelah itu Pendeta Abraham malah menghibahkan dan menguasakan beberapa aset gereja ke keluarganya. Itu melanggar tata dasar dan tata tertib gereja. Mestinya, sebagai pimpinan, Pendeta Abraham Alex melaporkan ke jemaah sebagai pertanggungjawaban. Apalagi menyangkut uang. uang itu kan sensitif, bisa memantik fitnah dan iri. Apalagi di kalangan jemaat beredar bahwa aset Gereja Bethany se Indonesia sudah meningkat sampai Rp 4,7 triliun. Apakah ini bukan aset yang fantastis?’’, jelas advokat yang berkantor di Jl. Seruni Surabaya.



George menyatakan secara hukum, Gereja Bethany Indonesia mendapat pengesahan sebagai badan hukum gereja, pada tanggal 17 Januari 2003. Pengesahan itu ditetapkan oleh Dirjen Bimbingan masyarakat Kristen Departemen Agama Republik Indonesia No : DJ.III/Kep/HK.00.5//5/158/2003. Pengesahan ini menindaklanjuti akte pendirian No. 2 tanggal 11 Desember 2002 di notaris Winarko, SH. atas dasar akte pendirian dan pengesahan ini, para pendiri yang dipimpin oleh Pdt. Leonard Limanto, M.Th, membentuk Sidang Raya Sinode I yang beranggotakan lima pendeta yaitu Pdt. Risal Ongkosaputra (Ketua), Pdt. Dr. Yusak Hadisiswantoro, MA (Wakil Ketua), Pdt. Zacharia Fredy Riva (Sekretaris), Pdt. Gerard Richard Yahya (Wakil Sekretaris) dan Pdt. Honny Supit Sirapanji, S.Th (Anggota). Melalui keputusan Sidang Raya Sinode I Gereja Bethany Indonesia, Pdt. DR. Abraham Alex Tanuseputra, dipilih dan dilantik sebagai Ketua Umum Majelis Pekerja Sinode Gereja Bethany Indonesia, 2003-2007. “Pdt. Dipilih dan dilantik oleh Sidang Raya Sinode I. tetapi mengapa Pdt Alex tidak mau mempertanggungjawabkan. Ini yang disesalkan oleh pendiri Gereja,’’ tambah George.



Seorang pendeta Kristen kelahiran Surabaya, sambil membuka Alkitab menyatakan “Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan sembarangan, sebab Tuhan akan memandang bersalah orang yang menyebut namaNya dengan sembarangan. Karena itu Gereja Bethany menerima sumbangan atau perpuluhan milik Tuhan! Kalau disalah-gunakan keuangan jemaat tersebut, maka dia telah menghujat Tuhan Allahnya. Sebab saat gereja menerima sumbangan dan perpuluhan milik Tuhan Allahmu dalam penerimaannya itu mengatasnamakan Tuhan!.



Jangan lupa uang sumbangan dan perpuluhan itu bukan milik gereja, tetapi milik Tuhan. Gereja hanya mengelolanya atas nama Tuhan. Sedangkan Tuhan itulah yang menciptakan bumi dan langit serta isinya seutuhnya qq jemaat. Karena itu, setiap jemaat yang memperoleh keuntungan dalam keuntungannya ada bagian Tuhan yaitu persepuluhan dan sumbangan diluar persepuluhan. Karena itu, uang jemaat milik Tuhan, Gereja hanya mengelola. Jadi uang jemaat bukan milik gereja, apalagi pengurus gereja kayak Pdt Abraham Alex. Karena gereja Bethany berada dalam negara Pancasila yang sila pertamanya Ketuhanan YME, maka negara berwenang mengatur gereja sepanjang tidak diatur dalam Alkitab. Jadi Negara perlu tahu dibawa kemana uang-uang jemaat Bethany sekarang. Tidak salah langkah pengacara Pendeta Leonard Limanto, M.Th yang karena permintaan pertanggungjawaban secara organisatoris disepelekan Pdt Abraham Alex, kini membawa ke ranah hukum….biar diadakan audit oleh akuntan publik Independent, ’’ ungkap pria yang kini menginjak usia 61 tahun. 



Sementara Reno Helsamer, Humas Gereja Bethany Indonesia di Surabaya ketika dikonfirmasi Surabaya Pagi Jumat (15/2) via short message service (SMS) ke ponselnya di nomor 0811309407 tidak memberikan komentar dan menyerahkan kepada pengacaranya Soemarso, SH. “Karena masalah ini sudah ada lawyernya. Jadi konfirmasi ke pak Sumarso di 0811314863 saja,” balas pesan singkat Pdt. Reno kepada Surabaya Pagi.



Dan ketika Surabaya Pagi menghubungi pengacara Soemarso, SH untuk konfirmasi dengan menanyakan beberapa pertanyaan via pesan singkat “Malam pak Soemarso, saya mau konfirmasi, 1) Apa benar Pdt Abraham Alex skrng bermasalah dgn pendiri Gereja pimpinan Pdt Leonard? 2) permasalahan itu skrng dimediasi di Kantor Wilayah Kementeriaan Agama Jatim dan dalam mediasi yl, wakil Pdt Abraham Alex tidak hadir 3) bagaimana tanggapan bapak bahwa pengacara pdt Leonard akan melaporkan Pdt Abraham Alex ke kepolisian melakukan penggelapan aset jamaah Bethany sekaligus Money Loundry. 4) Pdt Leonard menilai kepimpinan Pdt Abraham Alex sejak 2007 tidak sah, karena Pdt Abraham tidak pernah melaporkan pertanggungjawaban kegiatan,keuangan dan aset jemaah kepada majelis sinode”.



Soemarso sendiri juga enggan berkomentar dengan permasalahan ini. “Saya no comment. Soal permasalah ini saya kembalikan ke organisasi saja. Sebab apapun ini masalah internal, jadi lebih baik ini diselesaikan di dalam organisasi,” jelas Soemarso.



Sementara ketika akan adanya pelaporan pengacara Pdt. Leonard terhadap Pdt. Abraham Alex, Soemarso menilai itu hak dia. “Sementara penggelapan apa yang dilakukan? Tidak ada itu yang disebutkan. Tapi itu hak dia,” bantah Soemarso SH, Jumat malam. 007/rmc

Sumber: www.surabayapagi.com


103 komentar:

  1. mantap hahahaha, o o kamu ketahuan korupsi lagi wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Apakah Pengacara itu punya KTA jemaat Bethany? Atau kliennya memiliki KTA yg masih diakui sinode Bethany. Kalau tidak, wah..bisa-bisa balik arah tuh senjata.

    BalasHapus
  3. Alex Tanuseputra sudah lama dikenal sebagai srigala berbulu domba, hidupnya mewah, punya property di dalam dan luar negri, padahal kerjanya cuma "pendeta", gaji pendeta sebulan berapa? hidupnya mewah, duit darimana?
    Tentu saja dari hasil penggelapan uang perpuluhan gereja.
    Penggelapan uang gerja ini sudah lama dia lakukan. Tuhan sudah membukakan mata para jemaat, Tuhan bicara kepada semua jemaat Kristen: JANGAN BAYAR PERPULUHAN KE GEREJA BETHANY KARENA UANGNYA DIRAMPOK ALEX TANUSEPUTRA SRIGALA BERBULU DOMBA"
    Perpuluhan sebaiknya dibagikan sendiri kepada orang2 miskin yg membutuhkan. Tuhan pasti MEMBERKATI anda semua yg membantu orang2 muskin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehmm,hai saudaraku,sebaiknya kita berhati2 dlm berkata2 dan menghakimi org lain,apalagi itu Hamba Tuhan yg diurapi Tuhan.Biarlah pihak2 yg terkait yg mengerti betul menyelesaikannya sendiri.Kita doakan saja biar iblis tdk bekerja memporakporandakan dan menghancurkan umatNya.Biar Tuhan yg mahatahu dan maha adil yg menghakimi sendiri.Jangan kita bereaksi dosa dgn kata2 kita.Jadinya kita ikut kena hukuman,krn ingat FT,anak2 kecil yg mengolok2 Nabi Tuhan Elisa,"Hei,botak,botak.....".Anak2 itu nasibnya tragis,mati dicabik2 beruang.Juga Daud tdk berani menjamah membalas membunuh Saul,hambaNya yg pernah diurapi Tuhan(padahal ada kesempatan utk membunuh di gua).Kiranya umat Tuhan bersatu mendoakan bukannya menghakimi.Tuhan memberkati

      Hapus
    2. Anda tidak punya otak, ngomong tidak ada dasarnya, kemungkinan besar anda tidak pakai otak, 4,7T uang siapa? yang dikorupsi uang siapa? Firman Tuhan aja tidak paham, jadi anda asal omong.
      Bp. Alex orang yang tau apa itu mamon apa itu Hamba Tuhan, anda belajar Firman Tuhan dulu baru coment
      silakan anda datang ke Bethany biar anda tahu Kebenaran bukan kepalsuan, terima kasih

      Hapus
    3. Karya Roh Kudus itu adalah Persatuan, Perdamaian. Kalau Persengketaan, Permusuhan itu karya Roh Kuda Lumping.
      NGGAK PANTAS !!! Agama kok rebutan Duit ????? Agama macam apa tuh....

      Hapus
    4. Gereja Bethany merupakan salah satu gereja terbesar di Indonesia bukan hanya karena punya gedung terbesar, tetapi karena kita akan menemukan Gereja Bethany bahkan sampai ke pelosok daerah, bahkan daerah tertinggal sekalipun yang tidak banyak uangnya, yang tidak semua Gereja mau pelayanan disana. Saya tahu karena saya tinggal didaerah pelosok yang bahkan hampir tidak kelihatan di peta Indonesia dan Gereja Bethany pelayanan disana. Hitunglah berapa banyak gereja Bethany di Indonesia, maka anda akan kaget bahwa jumlahnya begitu besar. Begitu pula dengan sumbangan sosial bagi lingkungan sekitarnya, yang selalu rutin dilakukan. Pak Alex begitu gencar membuka gereja hingga kepelosok daerah miskin sekalipun tanpa hitung untung ataupun rugi, pengorbanan agar injil tersebar hingga ke ujung bumi. Banyak orang iri dan sirik melihat kesuksesan seseorang. Berbahagialah karena pemimpin Bethany bisa hidup lebih dari cukup. Dukunglah hamba Tuhan bila ia hidup berkekurangan dan bersyukurlah bila ia hidup lebih baik dari kebanyakan orang. Yang terpenting, lihatlah hasil pelayanannya. Tong kosong nyaring bunyinya, banyak orang iri melihat kesuksesan seseorang, tetapi tidak pernah melakukan apa-apa, hanya ngomong doang, hanya tahu menghakimi orang lain, tapi tidak pernah melihat kekurangan diri sendiri. Pak Alex selalu ngomong tentang perpuluhan di kota-kota besar, karena uang-uang itu juga digunakan untuk membangun gereja Tuhan di pelosok daerah yang tidak ada uangnya, itu semua untuk pelayanan Tuhan. Sadarlah. Selalu ditekankan memberi yang terpenting bukan jumlah uangnya, tetapi berilah sesuai dengan kemampuanmu. Tidak pernah persembahan dipaksakan, tetapi karena kerelaan hati.

      Hapus
    5. Jangan melihat selumbar di mata saudaramu tetapi balok dimatamu engkau tidak tahu. Jangan pernah iri hati, sebab iri hati tanda tak mampu, Biarlah Tuhan menghakimi hamba-Nya...

      Hapus
    6. AGAMANYA SIH BAGUS, cuman emang mayoritas pendetanya yang ga bener. ajaran diplesetin sedikit, artinya udah lain. buat jemaat yang udah dicuci otak sihh,, ikut2 an aja. apalagi yang juga ikut "MENIKMATI" hasilnya

      Hapus
    7. Betapa bodohnya kita yang sudah tahu uang persembahan dikorupsi tapi masih juga mau ngasih persembahan. Lebih baik lansung menyumbang kefakir miskin anak yatim dan janda miskin atau kegereja yang tidak korup. Mau dilihat korup atau tidak sudah jelas kelihatan dari gaya hidupnya yang serba mewah. Mana lagi menantunya mengubah nama gereja bethani makassar menjadi insial namanya "YHS" aset2 gereja diambil alih secera pribadi. Membuat dokumen palsu dan bersaksi palsu didepan notaris. Pendeta Yusak Hadisiswantoro sombong dan angkuh. Turun dari mobil aja harus beralaskan karpet merah. Pernah juga saya bertemu disalon. Dan Pdt yusak memaki-maki pelayan salon yang mencukur kumisnya sampai lecet dan ada bekas luka. Katanya "kamu tidak tahu ya!!! saya harus tampil dihadapan banyak orang, dll " Fasionable banget jadi pendeta, katanya jangan liat luarnya,dalam nya aja, gitu aja kok sewot..... Kita harus jeli melihat yang seperti ini supaya uang persembahan tidak salah sasaran dan nama Tuhan betul dimuliakan, bukan karena bisnis.. Ingat hati2 disekeliling kita banyak serigala, baik pendeta pastor pencuri teman atau kawan, kita harus pandai bak ular tulus bak merpati.

      Hapus
    8. Saudaraku yang dikasihi Tuhan,.....urusan menghakimi bukanlah tugas kita, mau kemana uang tersebut digunakan oleh pendeta, itu bukan uusan kita, sekarang apakah saudara dengan tulus memberi uang tersebut untuk pekerjaan Tuhan, kalau memang tulus buat apa dipertanyakan kemana, sama seperti saudara memberi kepada pengemis, dan selanjutnya pengemis itu memberikan uang itu kepada bosnya, selanjutnya bosnya menggunakan uang itu membeli minuman keras, sekarang apakah kita menuntut pengemis itu atau bosnya itu, karena digunakan beli minuman keras,
      Biarlah Tuhan yang bertindak atas orang yang mengatasnamakan nama-Nya untuk kepentingan pribadi, dan yang menggunakan kemerdekaannya untuk berbuat dosa,
      Dan kalau saudara sudah tau berlaku seperti itu pemimpin dari pada gereja itu buat apa bersungut sungut, tinggal ganti aja pemimpinnya, tidak usah mengikuti caranya yang salah,
      Jangan dosa orang lain yang membuat kita menjadi berdosa, dan menimbulkan rasa benci dan iri di dalam hati kita,
      Ingat doa yang diajarkan Tuhan kita Yesus Kristus "Bapa kami yang di Sorga.......Ampunilah kami seperti kami mengampuni orang yang bersalah kepada kami dst....AMIN

      Hapus
    9. Maranata, saya sejujurnya bukan anggota jemaat bethany..tapi mencoba menganalis saja (tentu pasti ada kekurangannya dan karenanya mhn maaf terlebih dahulu)
      1) Memang ada serigala berbulu domba tetapi saya sendiri tdk tahu apakah pdt ini termasuk didalmmnya karena sy tidak punya bukti tetapi dari buahnya kamu mengetahuinya
      2) Kalau sekiranya asset gereja yg diambil alih 4,7 T maka dgn harga gereja 1 M berarti ada 4.700 gereja betani (GB) telah diambil alih oleh pak pdt, apa mungkin?
      3) Kalau sekiranya perpuluhan apakah seluruh perpuluhan GB dikirim ke pusat coba di analis, kalau cuma perpuluhan dari satu gereja tempat pelayanan pak pdt apakah mungkin 4,7 T
      4) Sekecil apapun yg diambil itu tetap salah
      5) Ada pernyataan pengacara diatas "negara ikut mengatur keuangan" saya tdk setuju, karena itu bukan uang negara (negara hanya dalam batas admnistrasi gereja dan keamanan dan fungsi negara adalah membina dan membimbing)
      6) Berdasarkan Amsal dan Mazmur Jgn lah marah kalaupun ORG FASIK kau lihat kaya ( maaf saya tdk menghakimi pak pdt itu wewenang Tuhan)sebab ORANG BENAR lah yang akan menikmatinya
      7) Ada baiknya pihak yg bertikai duduk bersama di dalam Tuhan memakai pihak lain seperti PGI
      8) Tuhan adalah pengampun tetapi tidak semata-mata meniadakan hukum kepada mereka yg tidak bertobat
      9) Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan termasuk pengetahuan akan hukum kepengacaraan
      Demikian

      Hapus
    10. jgn ngomong gt,mslh pertanggung jwban atau mengadili bukan urusan kt bro.. urusan Tuhan,yg paling penting kt ke greja memuji dan menyembah Yesus, perpuluhan yg kt berikan memang haK Tuhan broo, kt hny memberikan yg wajib kt berikan,kl mslh nya uang perpuluhan tbs dipakai selain buat Tuhan,biar dia yg bertanggung jwb dgn Tuhan sendiri waktu hr penghakiman broooo.. Tuhan memberkati

      Hapus
    11. Biarlah TUHAN yg mengadili nantinya, karena kita manusia seharusnya tidak mengadili sesama

      Hapus
    12. Luh yg anonim PENGECUT .....BANYAK KOMEN , GMANA KEADAAN ,LUH ?? UDAH MISKIN BANYAK TINGKAH, LIAT MASA DEPAN LUH NANTI ",

      Hapus
  4. Jangan melihat selumbar di mata saudaramu tetapi balok dimatamu engkau tidak tahu. Jangan pernah iri hati, sebab iri hati tanda tak mampu, Biarlah Tuhan menghakimi hamba-Nya.

    BalasHapus
  5. semoga masalahnya segera tuntas dan gereja bisa kembali menjadi berkat

    BalasHapus
  6. pdt. leonard...... jemaat anda seharusnya bisa menilai sendiri tentang anda dlm kejadian ini. jgn lupa lo pak, esensi pelayanan bahwa semua adalah buat Tuhan. bukan buat memuaskan ego anda.

    BalasHapus
  7. Alex abraham tanuseputra adalah serigala berbulu domba, padahal dia sudah tua bangka (umur 72 tahun) tapi ternyata semakin tua dia semakin ganas dan sangat rakus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurasa Anda tidak berpendidikan, sehingga anda dibutakan dengan berita Bohong, belajar dulu baru ngomong bro

      Hapus
    2. Alamak ribut2 nga jelas..
      G mah bodo amat dengan kek ginian.

      Hapus
  8. Itu sebabnya seharusnya keuangan gereja tidak dikontrol oleh satu pihak melainkan beberapa - mesti ada sistem kontrol. Siapa saja akan mudah tergoda dengan yang namanya uang.., karena cinta akan uang adalah akar dari segala kejahatan..

    BalasHapus
  9. Tuisan gombal gini kok dipublish.......
    introspeksi diri aja sendiri itu jauh lebih baik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gombal atau tidak gombal, biarlah kita nunggu fakta persidangan, jgn cepat berpendapat sebelum semua informasi diungkapkan. lagian saya setuju kalao didalam sinode, kekuasan tertinggi adalah pada sidang raya dan bukan dtangan person.... (BTW aq jemaat bethany sejak tahun 1980)

      Hapus
  10. good news buat pendeta dan jemaatnya. pendeta kalo gerejanya diberkati luar biasa mesti tau bahwa uang yg di sumbangan dari jemaat itu unt kegerakan rohani. bagi jemaat juga mesti memuja dan memuliakan TUHAN,krn pendeta itu manusia biasa

    BalasHapus
  11. dengan tertangkapnya tokoh bajingan gereja, maka akan menjadi pelajaran2 juga kepada seluruh rampok2 gereja, yang notabene para pendeta kristen pantekosta (hikmahnya pada saat prapaskah) yang mengaku hamba tuhan.. para pengikutnya bethany kebanyakan tidak berkomentar, ini sudah cukup membuktikan kalau mereka adalah korban hasil cuci otak, bukan penganut agama.. semoga para penganut cuci otak bethany bubar dan introspeksi..semoga mereka tidak menjadi gila

    BalasHapus
  12. gak ngefek nang uripku rek..
    bayaranku lho limang trilyun
    taek mencret kon kabeh
    mboh... urusan dewe dewe ae
    bila sakit berlanjut hubungi menur!!

    BalasHapus
  13. berfikir positif aja. semua umat sama dihadapan Tuhan...kali lupa dilaporkan atau dicatat...yang penting kan semua untuk kebaikan umat. toch di bethany juga membangun rumah sakit untuk jemaat. jadi menurut saya berfikir positif akan menjadi baik.

    BalasHapus
  14. Sebaiknya....kita jika tidak tau persis permasalahan lbh bijak untuk tdk menghakimi....Tuhan memberkati kita semua....

    BalasHapus
  15. Sebaiknya...jika kita tdak tahu persis permasalahannya...lbh bijaksana untuk tdk menghakimi....Tuhan Yesus memberkati kita semua.

    BalasHapus
  16. Sebagai umat kita jg harus pintar bukan berarti menghujat mmg semua hrs ada kontrolnya spy berjalan d jalur yg benar

    BalasHapus
  17. hati2 antrikis jg datang dari kekeristenan itu sendiri emang yg dikorupsi itu uda jelas di pakai untuk foya2 ? atau anda sendiri ( pelapor ) memang mau cari sensasi atau yg lainnya klu emang anda nggak sejahtera ya anda kluar dong dari klompok itu ( betany ) urusan dikoropsi ama pendeta alex ya biar TUHAN aja yg jd pembela anda/jemaat , toh sampai saat ini blum ada jemaat yg mempermasalahkan hal tersebut tp koar2 anda di media sudah mencemarkan diri anda sendiri dan kekerstenan itu sendiri doa dong spy anda jg di berkati olleh TUHAN karena duit yg 4,7T tersebut kecil bagi DIA ALLAH TUHAN kita. sy bukan membela pak alex karena sy jemat GBT KRISTUS AJAIB ( lemah putro ) cuman sy sayangkan cara2 duniawi anda

    BalasHapus
  18. wow .... kita lihat saja..

    BalasHapus
  19. Bro, sebagai penggemarmu aku kecewa dengan kamu... apalagi komenmu di facebook yg masuk di blogmu juga terkesan tidak seperti seorang pengarang buku, instropeksi diri bro...

    BalasHapus
  20. bertobatlah dari pada banyak bicara

    BalasHapus
  21. 3 hal yang merusakkan iman yaitu Harta tahta dan cinta....tidak memandang itu hamba Tuhan atau manusia biasa

    BalasHapus
  22. Apapun yang terjadi dalam hidupku tetap ku berkata Tuhan Yesus baik...
    yuk sempatkan berdoa buat pak alex 1 menit aja..biar yang terbaik yang terjadi...
    semakin tinggi pohon semakin kencang angin bertiup...

    BalasHapus
  23. Pak alex itu yang mendirikan gerja awal pertama di manyar dengan bapak kris da costa...........siapa sich leonard itu..aku lho ga tau.. kok tiba2 mengaku ngaku sebagai pendiri....
    apa ga dilihat pak alex juga melakukan pengobatan gratis untuk cuci darah... kok ga pernah diliput sich...
    uang jemaat ya untuk gereja.. terserah mau diapakan sama gereja,itu pertanggung jawab ban gereja sama Tuhan sendiri, ga usah ikut2 deh... gimana gimana pak alex itu gembala... dalam kesusahan kita support yuk dengan tidak menjelek2 kannya... dia berjasa banyak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini yang payah terserah gereja mau di apakan uangnya? gereja itu lembaga Allah ya harus transparanlah pengelolaan keuangannya ini namanya berpikir picik apa sebenarnya makna persembahan itu sendiri bagi kita??? apakah uangnya yang Tuhan mau 4,7 triliun, bukan bro sikap hait kita memberi iut esensinya, jadi orang benar harus mengelola keungan gereja secara transparan, Thanks salam Kristus.

      Hapus
    2. Gembala koq saat Ada kerusuhan th 1999 Dan th 2000 jemaat Surabaya ditinggal KE Australia untuk cari keselamatan bersama keluarga, silahkan di cek, gembala sapi saja saat hujan/petir Akan selamatkan sapi tsb terlebih dulu, lha ini koq nggak.

      Hapus
  24. Untuk Dede Wijaya,

    Terima kasih untuk semua tulisan di blog Anda, namun perlu diketahui baik penulis sendiri maupun para pembaca, bahwa:
    1. Tidak semua orang percaya tentang apa yang anda tulis.
    2. Pembuktiannya harus valid dan bukan asal-asalan.
    3. Dede Yusuf, anda sendiri statusnya apa? Teolog, hamba Tuhan, pengamat,
    usil, ngaco, korban kepahitan, korban ajaran orang lain atau hanya
    orang yang butuh perhatian.
    4. Anda bisa dijerat hukum tentang penyebar isu tidak benar. Mengapa saya
    berkata demikian, karna saya meninjau ttg Pdt. Abraham Alex, tidak
    tepat seperti yang anda tulis.
    5. Anda punya kartu PERS kah, karna blog atau wordpress tidak diakui
    di Indonesia, sebagai lembaga Media Pers dan berbadan hukum. Blog dan
    semacamnya hanyalah media sosial (social networking).

    Terima kasih, mohon dipertimbangkan.
    Anda hidup penyebar kebencian atau kedamaian?
    Think about that.
    GBU!

    Siantar Man

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siantar Man, artikel di atas saya ambil dari web Harian Pagi Surabaya, http://surabayapagi.com/index.php?read=Pdt-Abraham-Alex-Dilaporkan-Gelapkan-Dana-Rp-4,7-T;3b1ca0a43b79bdfd9f9305b812982962d2b1298f73a79b173c34553b88860696

      Hapus
  25. aishi ai mato yamamasuka ibliso.....hatie hatie. arigato

    BalasHapus
  26. jangan pernah membicarakan Hamba Tuhan...

    BalasHapus
  27. perpuluhan, persembahan, donatur, persembahan kasih dll yg berupa dana tunai baik uang atau benda bernilai memang pemberian dari jemaat. namun jemaat memberikan untuk pekerjaan serta pelayanan gereja bethany. dalam hal ini kita sebagai jemaat yg sudah diberkati tidak mempermasalahkan mau dibuat apa dana itu... buat bayar pekerja full time, keamanan, pajak, pembangunan, santunan, bantuan, acara ibadah, biaya operasional, bangun gereja bethany di seluruh indonesia, bangun menara doa di jakarta beserta perijinan nya.... saya kira dana 4,7 trilyun.ga ada arti nya untuk pengeluaran 10 tahun.
    Maaf hanya orang syirik atau kepahitan yg sengaja ingin mejatuhkan, menghancurkan, menusuk kawan atau keluargga nya dari samping depan maupun belakang... ujung ujungnya meminta bagianku mana ? kok kamu enak sekarang ? tolonglah aku ini jadi anggota dan tolong jangan pecat aku ???

    BalasHapus
  28. Semuanya belum terbukti dan sebaiknya tdk menghakimi , itu urusan nya sama Tuhan aja kok ribet lha jemaatnya kasi juga sukarela kok pada ribut .

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, pendapat saya mirip dengan pendapat anda, saya tdk mau menghakimi dan tdk mau ikut campur urusan karena kita punya penghakim yang ADIL, biarlah menjadi urusan Tuhan.
      saya sering ikut kebaktian d gereja bethany waktu saya masih kerja di kota surabaya dan saya merasa saya bisa menikmati hadirat Tuhan dan bisa intim dengan Tuhan d gereja tersebut

      cuman satu hal yang saya sayangkan, mengapa semua itu sampai masuk ranah hukum dan tersebar luas ke media, itu yang membuat hati saya teriris...

      semoga d beri jalan keluar yang terbaik dan dapat d selesaikan secara kekeluargaan. God Bless Us

      Hapus
  29. kalo mmg pdt. alex menggelapkan uang jemaat itu BIAR TUHAN SAJA YG MENGHAKIMINYA!! apa yg pernah ANDA TABUR DI GREJA BETHANY jgn pernah SESALI kalau ANDA MEMANG MEMBERINYA UNTUK TUHAN Bukan UNTUK Pdt.ALEX!

    GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, masing-masing punya tanggung jawab di hadapan Tuhan kita Yesus Kristus

      Hapus
  30. Makanya, laporan keuangan gereja harus jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti dan percaya umatnya dapet berkat sedang pendetannya dapat duit.... amin amin amin amin.........

      Hapus
    2. pasti dan percaya klo umat dapat berkat dari TUHAN sedang pendeta dapat uang dari umat..... amin amin amin amin.....

      Hapus
  31. Gereja Bethany merupakan salah satu gereja terbesar di Indonesia bukan hanya karena punya gedung terbesar, tetapi karena kita akan menemukan Gereja Bethany bahkan sampai ke pelosok daerah, bahkan daerah tertinggal sekalipun yang tidak banyak uangnya, yang tidak semua Gereja mau pelayanan disana. Saya tahu karena saya tinggal didaerah pelosok yang bahkan hampir tidak kelihatan di peta Indonesia dan Gereja Bethany pelayanan disana. Hitunglah berapa banyak gereja Bethany di Indonesia, maka anda akan kaget bahwa jumlahnya begitu besar. Begitu pula dengan sumbangan sosial bagi lingkungan sekitarnya, yang selalu rutin dilakukan. Pak Alex begitu gencar membuka gereja hingga kepelosok daerah miskin sekalipun tanpa hitung untung ataupun rugi, pengorbanan agar injil tersebar hingga ke ujung bumi. Banyak orang iri dan sirik melihat kesuksesan seseorang. Berbahagialah karena pemimpin Bethany bisa hidup lebih dari cukup. Dukunglah hamba Tuhan bila ia hidup berkekurangan dan bersyukurlah bila ia hidup lebih baik dari kebanyakan orang. Yang terpenting, lihatlah hasil pelayanannya. Tong kosong nyaring bunyinya, banyak orang iri melihat kesuksesan seseorang, tetapi tidak pernah melakukan apa-apa, hanya ngomong doang, hanya tahu menghakimi orang lain, tapi tidak pernah melihat kekurangan diri sendiri. Pak Alex selalu ngomong tentang perpuluhan di kota-kota besar, karena uang-uang itu juga digunakan untuk membangun gereja Tuhan di pelosok daerah yang tidak ada uangnya, itu semua untuk pelayanan Tuhan. Sadarlah. Selalu ditekankan memberi yang terpenting bukan jumlah uangnya, tetapi berilah sesuai dengan kemampuanmu. Tidak pernah persembahan dipaksakan, tetapi karena kerelaan hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pengikuti gereja YHS , saya kemarin dapat kabar, kalau menantu nya sudah tau semua yg dilakaukan pak Alex,jangan suka membela dulu.
      Barangkali mempunyai motivasi yg salah, uang perpuluhan itu sebenarnya bukan untuk pribadi,uang perpuluhan itu bisa membantu orang yg berkurangan ,baca ulangan 26 ;12. than u

      Hapus
  32. http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_scandals_involving_evangelical_Christians#Kong_Hee.2C_2012 http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_scandals_involving_evangelical_Christians

    BalasHapus
  33. uang perpuluhan /sumbangan seharusnya semuanya dibuat kegiatan gereja, contoh membuka pengobatan gratis, membuka rumah sakit gratis buat yang miskinwalaupun bukan kristen, sekolah kristen ( TK?SD< SMU ) gratis untuk warga miskin ( agama apapun), membangun rumah susun sederhana, memperbaiki jalan rusak dekat gereja, mendanai pembangunan yaysan panti asuhan/jompo, pengibatan operasi katarak gratis, dll BUKAN untuk membeli beberapa rumah super mewah rumah di australia dan Singapore ( Alex punya rumah super mewah di Aus/ Singapore ), menyekolah di sekolah paling mahal ( untuk apa paling mahal ? )cucunya di Aus membeli mobil 1 miliar untuk diri sendiri. Semua orang Indonesia di Perth Australia tahu kalau cucu-cucunya alex ( contoh : mantan ratu indonesia - angelia ) sekolah di Australia paling mahal dengan naik Mercedes ( kenapa ngak pakai mobil biasa aja ) di tahun 1998- karena di Indonesia jaman itu tidak "safe" Kenapa alex tidak yakin Tuhan menjamin tidak ada huru-hara di Surabaya ( padahal doanya/kothbahnya : indonesia "SUDAH" aman dengan berkat TUHAN ? )

    BalasHapus
  34. http://nasional.kompas.com/read/2008/05/26/03022012/miss.indonesia.nyaris.tak.naik.kelas.gara-gara.bahasa.inggris

    BalasHapus
  35. Cabut, Gelar Pendeta Alex
    Ancaman Hukuman Terdakwa Pencucian Uang 20 Tahun
    Senin, 18 Feb 2013 | 08:14 WIB

    SURABAYA (SurabayaPagi) – Minggu kemarin (17/2), dua advokat yang menjadi kuasa pendiri Gereja Bethany Indonesia, menyusun bukti-bukti pendukung laporan penggelapan dan pencucian uang oleh Pdt. Abraham Alex Tanusaputra dan anaknya Pdt. David Aswin Tanusaputra. Bahkan Advokat George dan Ricard telah menyusun legal opinion tentang tindak pidana pencucian uang ayah dan anak yang kini tinggal di kerajaan Abraham Alex Tanusaputra, di perumahan belakang Gereja Bethany Indonesia, Jl. Nginden Intan Timur Surabaya.
    Modus Operandi Pencucian Uang Alex dan Aswin yang telah kami kumpulkan ada beberapa cara, tegas George, usai berdiskusi dengan beberapa professor hukum dari Unair dan Jember. Modus pertama, menempatkan uang jemaat (placement) ke dalam sistem keuangan seperti deposito, mobil mewah, tanah, rumah dan barang antik.
    Bisnis barang Antik dipusatkan di Bali dan dikelola oleh Aswin. Makanya setahun ini, Aswin lebih sering di Bali bersama seorang kepercayaannya, ungkap George.

    Pembelian mobil, jelasnya, Alex membeli dua mobil Roll Roice Phantom masing-masing seharga Rp 25 miliar. Rolls Roice Phantom yang dimilki Alex, di Indonesia hanya ada dua. Yang lain dimiliki oleh Hary Tanusidibyo, pemilik MNC TV. Disamping itu juga membeli mobil Rolls Roice tipe dibawahnya (Silver) dari Andry, AJBS sebesar Rp 5 miliar. Di kerajaannya, juga berjejer berjenis merek Harlay Dav idson dengan harga persatu minimal Rp 500 juta. Jumlahnya ada 50 buah. Mobil lain yang dikoleksi Pdt Abraham Alex ada merek Jaguar, Bentley, Land cruise, Ferrary, Lanborghini, Aston Martin, dan Mercedes tipe baru. Semuanya ada nomor polisinya. Saya sampai binggung, kapan makainya. Apalagi Pdt Alex sudah tua.. apa ini bukan bagian dari pencurian uang, kata seorang pengemar mobil mewah yang pernah melihat koleksi Pdt Alex di rumahnya.

    Menurut George, dari beberapa pengurus Gereja yang dihubungi menginformasikan Pdt Alex juga melakukan lavering atau heavy soaping. Dalam modus ini, ada indikasi memindahkan uang dari satu bank ke bank lain di Indonesia dan luar negeri. Terhadap kasus ini, George, sudah mengirim surat ke PPATK. Karena kebetulan, ia memiliki kenalan yang bertugas di PPATK. Selain itu, Pdt Alex, juga memiliki beberapa perseroan terbatas yang memutarkan dana jemaat. Diantara PTnya bernama PT Helmon, yang pengurusnya hanya dua orang yaitu Pdt Abraham Alex Tanusaputra dan Pdt David Aswin Tanusaputra. PT. Helmon melakukan ikatan jual beli tanah seluas 6.000 m2 milik Pemkot yang digunakan Stikosa AWS seharga Rp 6 miliar lebih.

    Dokumen lain yang dikantongi advokat George adalah dana jemaat digunakan untuk ivestasi real estate, barang mewah dan perusahaan-perusahaan. Diantaranya lahan di perumahan Citraland, Bali dan Malang. Diantara lahan itu ada yang dihibahkan dan dikuasakan Abraham Alex kepada Ptd Yusac.
    George menyatakan bahwa ancaman terhadap pelaku tindak pidana pencucian uang maksimal 20 tahun dan denda Rp 10 miliar. Selain laporan pidana, ia juga membentuk komite penyelamat Gereja Bethany dan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Surabaya atas seorang notaris digunakan Pdt. Abraham Alex, untuk melakukan perubahan Akte Pendirian dengan melanggar hukum. Makanya Akte perubahan yang dibuat Akte, tidak diakui kementerian agama. Jadi sampai kini badan hukum yang sah menurut hukum diakui pemerintah adalah Akte Pendirian yang menyebut Pdt Leonard adalah pendiri bersama anak Pdt. Abraham Alex yang bernama Pdt. Hanna Asti Tanusaputra.

    Tentang organisatoris Gereja Bethany, tambah Ricard, dengan tidak diakuinya Akte Perubahan oleh Kementerian Agama, maka badan-badan yang dibentuk Pdt. Abraham Alex, juga tidak sah. Ada kecenderungan Pdt. Abraham Alex ingin dikultuskan. Masak pendeta menunjuk dirinya Dewan Rasul dan punya hak veto mutlak, Richard, mempertanyakan.


    http://gosipindonesia.com/kasus-pendeta-abraham-alex-tanuseputra-gereja-sinode-gbi/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bravo, pak George & Richard lanjutkan perjuangan hingga tuntas berantas Permainan Gila ini dana Gereja koq dibuat foya-foya, nggak tahu diri,

      Hapus
    2. Memang benar apa yang telah dipersembahkan dengan kerelaan bukan lagi menjadi urusan yang mempersembahkan, tetapi patut disayangkan apabila yang mengelola persembahan itu menganggap sebagai milik pusaka bagi dirinya sendiri dan juga sangat disayangkan jika ada hamba Tuhan hidup secara bermewah-mewah sementara di luar sana masih banyak yang membutuhkan pertolongan untuk mendapatkan hanya sesuap nasi.Sangat sedihh hati saya mendengar jika ada hamba Tuhan membuat koleksi mobil-mobil mewah.Apalah artinya kemikmatan di dunia ini yang hanya bisa berlangsung paling lama kl 80 tahun dibanding kenikmatan yang akan di anugerahkan oleh Tuhan Yesus bagi mereka yang sungguh-sungguh melakukan kehendakNya. Kenikmatan bersama Yesus harus dikorbankan dengan kenikmatan dunia. Mengapa ya hamba-hamba Tuhan jaman sekarang tidak bisa mencontoh kehidupan rasul Paulus pada jamannya yang tidak memusingkan penghidupannya?

      andaikan rasul Paulus masih hidup sampai sekarang sudah pastilah dia berkata:

      Filipi 3:19 Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.

      Hapus
  36. Saya suka memberi perpuluhan atas berkat yg saya terima. Dan saya tdk ambil pusing akan dikemanakan uang yg telah saya beri. Karena motivasi saya memberi adalah bagi Tuhan, bkn kpd yg lain. Jika kasus pdt. Alex terjadi pd gembala sidang saya, saya malah prihatin dan tdk jera memberi perpuluhan bagi Tuhan. Jujur aja, ketika kita memberi perpuluhan dgn motivasi yg benar, bukannya kita sdh dpt gantinya dari Tuhan? 10x lipat? 100x lipat? Hayoo ngaku, benar tdk? Ya,ya, ya krn Tuhan tak prrnah berdusta..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Like it. Comment yg cerdas.

      Hapus
    2. ya sebenarnya dr kitab kejadian , imam Harun menjadi kalau sekarang bapak gembala ya, tetapi perpuluhan itu diberikan pada suku Lewi, karena suku lewi itu yg menjaga baik Allah.
      km pernah dengar kejadian pendeta korea Park Yong Gyu , km baca cerita nya ,terus km beli buku anda bisa kaya ciptaaan ir jarot wijanarko, disitu perpuluhan ada juga

      Hapus
    3. anda beli buku dengan judul = anda bisa kaya ciptaaan ir jarot wijanarko, disitu pikiran anda akan terbuka

      Hapus
    4. Kalau begitu amplop perpuluhan, dimana persembahan perpuluhan anda masukkan bisa melipat gandakan uang... hati-hati ada praktek pelipat gandaan uang.... Tuhan kok disuap

      Hapus
    5. Persembahan persepuluhan adalah milik Tuhan yang dikelola oleh hamba Tuhan dan diperuntukkan untuk orang-orang miskin dan dikembalikan bukan supaya diberkati tetapi karena sudah diberkati.

      Hapus
  37. Kasus macam gini kenapa bisa jatuh ke tangan media ya? Saya sebagai orang Kristen malu bacanya. Masalah duit lagi #nepok jidat :p

    BalasHapus
  38. Saya berjemaat di Bethany moker pimpinan Bpk. Alex Tanuseputra. Sebelumnya berjemaat di Bethany PTC pimpinan Bpk.Leonard Limato. Keduanya adalah hamba Tuhan yang dipakai Tuhan dengan luar biasa, hendaknya saling instrospeksi diri dan berfokus pada Tuhan Yesus sang pemberi berkat.
    Pertikaian antara hamba Tuhan "breaks my heart"

    BalasHapus
  39. jangan mengatas namakan TUHAN klo arah tujuanmu gak jelas dan hanya untuk kepentingan pribadimu aja......

    BalasHapus
  40. seorang jemaat mengaku pendoa bethani dan merusak pelayanan saya bahkan mempermalukan saya dampak dua orang minum baigon adik dan rekan pelayanan saya. oknum tersebut ber ini sial danik.bahkan dia bilang waktu menerobos pelayanan saya tampa izin saya .nik wani kandak no alex. saya berpikir pak alex sudah benar melayani tuhan .maunya danik ini apa. mohon pak alex tinjau untuk mengecek danik ini melayani dengan benar atau sembarangan . kuasa apa yang dipakai danik kuasa tuhan atau kuasa perkenan tuhan atau diluar tuhan.dan ada orang lain yang selalu mendukung pak alex pun disinkirkan. danik mengatas namakan dirinya terang. dia menuduh saya tidak punya terang tapi bagi saya tidak cukup benar. saya mengerjakan pelayanan tuhan dengan terang, hampa,cahaya terang, cahaya, terang sinar, sinar, banyak masalah yang saya bisa bantu pada masyarakat tapi nyatanya danik bukan terang melainkan santet yang hampir membunuh adik saya dan rekan saya untuk itu mohon doa atas keluhan saya supaya kita bisa melayani tuhan dengan benar

    BalasHapus
  41. Melihat komen2 yg beragam, ada yg cerdas, ada yg arif, tapi ada juga yg bodoh.

    Apakah berita ini boleh menjadi kesempatan buat kita untuk mencaci-maki dan menyebarkan kebencian?
    Ataukah ini kesempatan buat kita untuk membenarkan perbuatan kita ... yg juga belum tentu di hadapan Tuhan lebih baik dari pada Pdt. Alex ?

    Rupanya ini kesempatan buat orang yg tidak pernah bayar perpuluhan untuk bersuara ...
    Ingat, perpuluhan HARUS dikembalikan ke rumah Tuhan (entah gereja Bethany, gereja ini, atau gereja itu), BUKAN diberikan ke fakir miskin & anak terlantar, kalau mau memberi orang miskin maka berilah uang sumbangan pada mereka, tapi jangan lupa TETAP mengembalikan perpuluhan di gereja. Silahkan langgar Firman Tuhan kalau anda berani.

    Apakah kasus ini membuktikan kesalahan sistem gereja Kharismatik/Pantekosta?
    Setiap gereja punya sistem sendiri, ada keunggulan dan kelemahannya masing2.
    Kesalahan OKNUM Pendeta (yg cuma beberapa orang ini - Pdt. Alex & keluarganya) tidak bisa dijadikan acuan untuk menghakimi. Jadi bijaklah dalam memandang hal ini, kecuali anda memang orang yg picik dan merasa paling benar di hadapan Allah.

    Rasul Paulus juga menyatakan bahwa ia akan menuntut orang yg salah di hadapan Kaisar. Dalam hal ini upaya Pdt. Leonard DKK sudah tepat, sudah diupayakan perdamaian dan mediasi2 tapi gayung tak bersambut ... somasi adalah langkah tepat! Menjadi contoh untuk OKNUM2 Pendeta yg lainnya, yaitu mereka yg hatinya tidak tertuju pada Tuhan, melainkan pada dunia (harta, tahta, cinta),

    Semoga yg bersangkutan tidak mengeraskan hatinya lagi dan segera bertobat, masih ada kesempatan untuk berdamai dan membangun hidup baru dalam pertobatan.

    Shalom,
    Anonimov ben Avraham

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda beli buku anda ingin kaya cipta an ir jarot wijanarto ,disitu perpuluhan ada

      Hapus
    2. Jadi untuk siapa bro persembahan persepuluhan itu? Menjadi milik pusaka pendetakah? Ingat upahnya hamba Tuhan cukup 1 dinar sehari itu artinya cukup untuk kehidupan sehari-hari dan selebihnya untuk kepentingan tubuh Kristus.

      Hapus
  42. Hamba Tuhan atau orang upahan?
    Gampang sodara2 ==> Lapor ke KPK aja, beres!

    BalasHapus
  43. Permasalahannya itu bukan pertikaian antara hamba Tuhann atau pertikaian antara aliran gereja, tetapi masalah benar atau salah, kalau salah yah harus dinyatakan salah, jangan lantas pakai kalimat biar Tuhan yang menghakimi, apa gunanya hukum kalau begitu, apa gunanya pemerintahan? Pemerintah itu hamba Allah untuk mendatangkan keadilan!

    Orang salah mengerti mengenai istilah menghakimi, menyatakan yang salah sebagai salah dan benar sebagai benar bukanlah menghakimi, apakah Pdt Alex bersalah? Kita tunggu saja hasil pemeriksaan, bila memang salah maka mohon jangan tetap membelanya terlepas dirinya telah menjadi banyak berkat, silakan mendukung dengan cara mendoakannya agar dirinya bisa bertobat seperti Daud bertobat setelah ditegur nabi nathan. Tetapi bila dirinya tidak bersalah, maka mengertilah bahwa ini adalah cara dunia untuk menghancurkan gereja, dan kita sebagai umat Kristen harus lebih hati-hati dalam mempercayai berita dari media.

    Lantas hal ini kenapa harus sampai jatuh ke media? kenapa tidak? Alkitab saja banyak mencatat kegagalan-kegagalan tokoh alkitab, hal seperti ini tidak perlu ditutup-tutupi. Bukan juga dipakai untuk menjelek-jelekan aliran suatu gereja, disini yang salah bukan aliran gereja tertentu.

    Memang betul kita memberi perpuluhan untuk pekerjaan Tuhan, tetapi kita juga wajib bertanggung jawab memantau penggunaan uang tersebut, itu adalah tindakan bahwa anda peduli, sama seperti anda memberi uang kepada anak anda karena anda sayang kepadanya, jadi dia bisa membeli barang-barang keperluannya, tetapi ketika ia menyalahgunakan uang tersebut dengan membeli rokok atau minuman keras, anda harus menegurnya dan menasihatinya sehingga ia sadar.

    Sampai ada kepastian apakah beliau bersalah atau tidak, mohon untuk tidak menghakimi, silakan ikuti berita ini namun jangan mengambil kesimpulan terlalu cepat, jangan juga menjadi pendukung yang terlalu naif, yang terlalu percaya akan kebaikan seorang pendeta, ingat bahwa siapapun bisa jatuh kedalam dosa tidak terkecuali pendeta besar.

    Tuhan memberkati kita semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan anda, sebenarnya perpuluhan itu buat rumah TUHAN , bukan untuk pribadi, nantikalau emang kelihayan salahnya pasti kelihatan,

      Hapus
  44. makanya jadi hamba Tuhan, harus ada Roh Martir,yg mau brkorban untuk jemaatnya :D
    buat yg brsangkutan brtobat,minta ampun sama Tuhan Yesus,& buat hamba Tuhan yg lain taruh dalam hati & pikiran kalian,bahwa melayani Tuhan bkan karna uang tapi karna kalian ingin membuat Byak jiwa bertemu Yesus Kristus.Gb

    BalasHapus
  45. Semoga kebenaran diperoleh sehingga tidak Ada lagi Gembala jemaat yang sibuk menyelamatkan diri + bawa pistol berserta keluarganya saat ada kerusuhan th 1998 s/d 1999, silahkan periksa kemana pdt. Alex & family waktu itu, mondar-mandir ke Australia cari selamat, terrrlllalllu.....

    BalasHapus
  46. teman-teman bethany, ayo yang rukun, kalo ribut seperti ini kapan kita jadi berkat. buat teman2 jemaat, tugas kita bukan uthik-uthik persembahan dan perpuluhan, tugas kita hanya melakukan firman Tuhan yaitu mengembalikan milik Tuhan dan memberi persembahan. persoalan uang itu mau diapakan oleh gembala, itu urusan beliau dengan Tuhan, jangan saling menghujat, kita ini gereja bukan sekuler. akal budi dan strategi boleh tapi yang terpenting adalah sadar bahwa ini bukan pekerjaan manusia melainkan pekerjaan Tuhan. mari belajar menjadi seperti Yosua, Samuel, Daud yang tetap loyal dan menghormati panggilan Tuhan atas pemimpin kita, itu jauh lebih baik. salam dari teman GPdI

    BalasHapus
  47. Posisi dan kedudukan kita sama didepan Tuhan, barang siapa tidak perduli atas perbuatan jahat dengan memakai Nama Tuhan berarti kita ikut berbuat dosa

    BalasHapus
  48. wah ini membuka mata jasmani dan rohani,melihat keadaan gereja tuhan akhir jaman,ingat akhir di akhir jaman iblis menghancurkan semua manusia yg mau dekat dan mengarah pada rencana Tuhan Yesus,jadi hati2lah,kuncinya rendah hati.kembangkan buah roh.dan kasus agak ramai ini mari kita mawas diri,tapi sedikit komentar ya,kalau laporan resmi di kolom terdahulu mengatakan, pdt byk punya mobil termewah,25M sebiji dan punya 2 lagi,belum motor harley 50 bji,dll ,mungkin itu pemberian jemaat,tapi kan harus di ajar rendah hati.bisa di jual utk ngebantu jemaat miskin,kan byk bertebaran di mana2,atau yg PASTI benar tanya TUHan kita yg pasti dengar dan jawab utk apa uang yg byk itu,tiap hari ada ratusan bahkan ribuan lembar uang ratusan ribu,tanya ,tuhan utk siapa uang ini sekarang,jika DOMBA pasti mendengar suara GEMBALA AGUNG TUHAN YESUS,maka ga salah penggunaan uang atau apapun,itu GEREWJA yg punya tuhan ALLAH di alkitab,dan semua org yang ngaku KRISTEN tu yuk tanya tanya pada TUHAN YESUS apa kehendak TUHAN .apa yg harus aku lakukan tuhan,pasti DIA jawab dan arahkan hati ,pikiran,gerak,hdp kita.HALELUYA

    BalasHapus
  49. membaca kasus bethani ini jadi peringatan bahwa org kristen itu seyogyanya harus mengenal tuhan dalam Roh,bukan dengan kepintaran ,dan akrab dari hari ke hari supaya ga silau dg harta tahta dan wanita,tapi dikit comen mengenai pak pdt dari betani yg di kasuskan di atas,entah benar atau gak,punya mobil harga 25M sebuah dan punya 2 buah,ada harley 50 bji,harga sebiji 500juta dan barang2 antik,fantastic ya,tapi ide saya yg lagi miskin ni,dari pada jadi iri bagi org lain mending di jual dan bagi2 utk org yg mau ngutang atau orang sangat perlu,spt pak jacky noya pernah bagi2 duit,pasti makin tenar namanya"kalau suka ketenaran,tapi kalau rendah hati ya jangan mau disanjung2,tapi tujuannya memberkati orang yg perlu,ya nggak,ngapain nyimpan mtr mewah banyak2 ga ke pake,sedangkan org lain atau jemaat banyak yang gak punya motor,atau tanya TUHAN kita ,untuk apa dana yang saya peroleh hari ini,maka jika dengan rendah hati dan tulus maka Tuhan akan memberi tahu untuk siapa dan kepada siapa itu di berikan,atau apapun yang akan kita kerjakan nanya Tuhan supaya ga salah,DOMBA MENDENGAR SUARAKU kata tuhan,lha KITA yang ngaku kristen gimana,dan yang saling menuntut2 itu ,gimana,......

    BalasHapus
  50. kalau tuhan yang berkata "beli mobil 25M 2 biji ya,dan kumpulkan harley semua itu.ya boleh saja ,tapi kalau bener,tapi apa iya tuhan suruh begitu,past ada peneguhan dari anak2Nya yg lain,tapi kalau ga ada konfir dari BOS besar kitaTUHAN YESUS ,ngapain BUDAK TUHAN kaya raya mewah,buah roh kan ada di ajarkan.....

    BalasHapus
  51. Hati-hati lah sdr ku... jgn pernah intervensi hamba Tuhan, Hamba Tuhan yang sedang dibicarakan ini adalah biji mata Tuhan,Hamba Tuhan yang diurapi Tuhan, Mz 105:15 "Jangan mengusik orang-orang yang Kuurapi, dan jangan berbuat jahat kepada nabi-nabi-Ku!"

    BalasHapus
  52. wah lumayan seru ya,banyak uang juga ya,,

    BalasHapus
  53. Bodohnya orang orang yg sudah dicuci otaknya, ga sadar dirinya selama ini sudah ditipu oleh anjing anjing, berhenti bayar perpuluhan, justru karena perpuluhanlah preman jadi pendeta menipu jemaat, belajarlah Alkitab, agar anda tidak ditipu.
    Filipi 3:2 "Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu"
    (pengirim Nie Hua)

    BalasHapus
  54. Saya pribadi mengalami , beberapa temen2 saya yg mjd jemaat gereja bethany, ketika mereka diajak berbicara soal pendeta alex langsung aja marah2 sptnya mereka lupa bahwa pdt alex itu hanyalah manusia biasa , ingat firman Tuhan "menuhankan manusia itu adalah dosa"

    BalasHapus
  55. Firman Tuhan berkata bahwa yangdiadili itu adalah para pemimpindan Gembala, jadi manusia itu tidak mempunyai hak untuk memvonis bersalahkarena tidak selalu salah orang selalu berbuat tetapi adajuga kebaikan yang dilakukannya. Sekarang berapa persen kesdalahan yang dilakukan dan berapa persen kebenaran yang dilakukan. Ini kan masalah rohani dan bukan masalah duniawi.

    BalasHapus
  56. Ingat Tuhan tidak membutuhkan harta bergelimpangan.. Yesus saat di sekeliling manusia apa penampilan mewah bergelimpangan? Hamba Tuhan dituntut mendengar hati nurani bukan tujuan duniawi..gunakan hati nurani maka semua akan jelas bagi mu..

    BalasHapus
  57. tehknologi dunia semakin canggi....dan manusiapun semakin luar biasa,,,Tuhanlah yg membri hikmat bagi manusia untk menciptakan sebuah sarana,,,menjadi kebutuhan manusia itu sendiri. Seperti MEDIA IPTEK. Segala yg baik dan jahat ada didalamnya. Media ini digunakan utk memberi informasi tentang kebenaran TUHAN. Tapi sangat disayangkan....manusia itu sendiri sebagai ciptaan Tuhanlah yg merusaknya...
    Lebih khusus lg yg sangat dominan dlm peristiwa ini adalah org2 yg mengakui hidup dalam kebenaran Tuhan ( pendeta2,,umat Tuhan yg selalu berkata""" bahwa aku sering berbicara dgn Roh Kudus...
    tapi kenyataan orang orang seperti inilah yg membuat perpecahan dalam komunitas gereja Tuhan......akhirnya mulai saling membenci,,menghasut,,menjelekkan,,karna ada kepentingan didalamnya.......ujung-ujungnya membentuk organisasi baru...)
    Wai dan celakalah umat Tuhan seperti itu...INGATLAH apa perkataan TUHAN lewat FirmanNya""enyahlah engkau pembuat kejahatan..HAM dikutuk oleh Tuhan karena membeberkan ketelanjangan Ayahnya....
    Marilah sebagai ciptaan TUHAN yg sangat mulia sadarlah dan benahilah hidup kita,, karena ungkapan Yesus banyak yg dipanggil tapi sedikit yg dipilih...
    Kalau anda mau masuk dalam pilihan Tuhan ikutilah teladan YESUS.
    Berhentilah dari prbuatan yg keji dan mendatangkan bahaya. BUKAN SEMUA YANG KITA TINDAKI ITU MEDATANGKAN KEBAIKAN DAN KEBENARAN, tapi semua YANG BENAR PASTI MENDATANGKAN HAL YANG BAIK DAN KUDUS. Pahamilah akan hal ini.........

    BalasHapus
  58. mengenai perpuluhan, ini silakan dibaca dengan seksama...

    LINK 1:
    http://www.jawaban.com/index.php/mobile/forum/detail_view/id_news/091025171505/limit/5

    LINK 2:
    http://www.giving2god.com/bab5.html

    PERHATIAN!: Link 1 & 2 adalah 2 artikel BERBEDA.

    BalasHapus
  59. penghakiman itu ada di atas.....jadi pandanglah maslah yg ada di atas aja..ga usah melihat ke bawah dan ga usah menghakimi....."apa yg terikat di bumi akang terikat di surga,apa yang dilepaskan dibumi akan dilepaskan di surga"

    BalasHapus
  60. uang perpuluhan itu untuk Tuhan! bukan untuk pendeta!
    yok Diaudit yok!!

    BalasHapus
  61. Mberi perpuluhan, persembahan utk memperluas kerajaanNya itu sangat baik. Tapi kalo uang itu dalam pengolahannya d salahgunakan utk kepentingan pribadi itu sudah salah. Masakan qt mau mmbri perpuluhan kalo pengolahannya saja sudah d salahgunakan? Perpuluhan kita bukannya d pake utk kemuliaanNya, tapi malah d pake utk kemuliaannya sdri. Bukan hanya utk gereja Bethany saja, tetapi utk semua gereja. Jadilah sperti merpati yg tulus ttpi juga sprti ular yg cerdik. Ini bukan cuma soal tulus dlm memberi, ttpi juga kecerdikan kita utk menjauhkan manusia dari hal2 yg jahat.

    BalasHapus
  62. Gereja kok dikorupsi juga, bubarin aja biar umatnya pindah ke agama yang ga ada koruptornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama kamu lihat orangnya pasti kecewa bro/sis. Lihat Tuhannya aja. Nggak peduli kamu ditempatkan di mana, selalu akan ada orang yang membuat kecewa. Tetap berusaha menjadi terang dan mempermuliakan Tuhan, nggak peduli seperti apa lingkunganmu. Mulai dari diri sendiri aja :)

      Hapus