Sabtu, Januari 16, 2010

Berita Mingguan 15 Januari 2010

ANAK-ANAK SEKOLAH DIBERITAHU UNTUK MENJAUHI WIKIPEDIA
Organisasi resmi yang mengawasi kualifikasi pendidikan dan pengujian di Inggris telah memperingatkan para siswa untuk menjauhi Wikipedia karena rendahnya akurasi situs tersebut. Ofqual (Office of the Qualifications and Examinations Regulator), memperingatkan bahwa Wikipedia tidaklah "otoritatif atau akurat" dan dalam kasus tertentu "bisa saja sama sekali tidak benar" ("Schoolchildren Told to Avoid," London Telegraph, 6 Januari 2010). Kami sendiri telah memperingatkan tentang Wikipedia di masa lampau. Artikel-artikel di dalamnya tentang ilmu pengetahuan penciptaan sangatlah condong, dan dalam bulan Desember ada sebuah laporan yang muncul bahwa ada seorang administrator Wikipedia yang menulis ulang sejarah iklim dunia dengan cara mengedit lebih dari 5000 artikel untuk menyembunyikan fakta-fakta yang berlawanan dengan hipotesis pemanasan global akibat manusia.

PENONTON FILM TIDAK MAU MENINGGALKAN DUNIA IMAJINER
Dilaporkan bahwa ada fans-fans film Avatar yang mengalami gejala-gejala putus obat yang kuat karena mereka tidak mau meninggalkan dunia imajiner di film itu. Avatar, yang kemungkinan akan menjadi film yang paling laris sepanjang masa, adalah sebuah film fiksi ilmiah tentang sebuah dunia yang disebut Pandora yang dihuni oleh suatu ras "humanoid" (mirip manusia) yang disebut Na'vi. Grafik 3D yang hebat menenggelamkan para penonton di dunia fiktif ini di mana para penghuni yang cinta damai bersekutu dengan alam. Para penulis film bahkan menciptakan suatu bahasa Na'vi yang terdiri dari 1000 kata. Situs forum fans film tersebut telah menerima lebih dari 1000 post berkaitan dengan orang-orang yang mengalami pikiran-pikiran obsesif tentang film tersebut ("Audiences Experience `Avatar' Blues," CNN, 11 Jan. 2010).

Salah seorang yang demikian berkata, "Saya tidak dapat memaksa diri saya sendiri untuk berpikir bahwa ini hanyalah film, untuk melupakannya. " Yang lain lagi berkata, "Semenjak saya menonton `Avatar' saya depresi. Melihat dunia Pandora yang demikian indah dan semua Na'vi itu membuat saya ingin menjadi salah satu dari mereka. Saya tidak dapat berhenti berpikir tentang semua hal yang terjadi di film tersebut dan semua air mata dan getaran yang saya dapatkan darinya. Saya bahkan memikirkan bunuh diri, dengan pikiran bahwa jika saya melakukannya saya akan dilahirkan kembali di sebuah dunia mirip dengan Pandora." Imajinasi manusia adalah medan perang rohani yang besar dan harus dijaga dengan sangat waspada. Alkitab menasihatkan, "Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus" (2 Korintus 10:5). Industri hiburan modern membidikkan senjata-senjata berat mereka terhadap imajinasi manusia. Para pencipta hiburan yang terpengaruh oleh Setan (Efesus 2:1-2) ingin merusakkan imajinasi melalui sensualitas dan membalikkannya dari Allah yang hidup dengan cara menciptakan dunia-dunia yang sia-sia. Ada bahaya yang besar bagi orang percaya dalam genre fiksi ilmiah dan horror, yang biasanya sama sekali kosong kebenaran dan realita. Pandora tidak eksis, tetapi Surga dan Neraka benar ada. Tidak ada seorangpun yang akan dilahirkan kembali ke dalam Pandora, tetapi Yesus berjanji bahwa manusia bisa lahir kembali ke dalam hidup yang kekal mellaui pertobatan dan iman kepadaNya dan hidup selamanya di suatu tempat yang jauh jauh lebih indah dari apapun yang pernah dibayangkan oleh penulis film atau ahli grafis Hollywood.

DIALOG ANTARA BAPTIST WORLD ALLIANCE DAN ROMA KATOLIK
Sejak 2006, denominasi Baptist World Alliance telah melakukan dialog tahunan dengan Gereja Roma Katolik. Para perwakilan kedua pihak telah membicarakan topik-topik Kitab Suci, tradisi, Maria, kepausan, dan tahun ini mereka bermaksud untuk mempublikasikan sebuah dokumen bersama. Tidak diragukan lagi dokumen ini akan memutihkan dan menginterpretasi ulang semua perbedaan-perbedaan yang ada dan menyerukan langkah-langkah "persatuan." Beth Newman, seorang profesor di Baptist Theolgoical Seminary dan juga seorang anggota tim dialog ini, mengklaim bahwa Yesus menginginkan persatuan antara Baptis dan Katolik (Associated Baptist Press, 5 Jan. 2010), dan dia mendasari pendapatnya ini pada Yohanes 17:21. " supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku." Sebenarnya, dalam konteksnya, Yesus bukanlah sedang memberikan perintah yang harus dilakukan oleh manusia; Ia sedang berdoa kepada Bapa dan doaNya telah dijawab. Mereka yang lahir baru menjadi satu dalam Kristus karena mereka telah diadopsi ke dalam keluarga Allah dan mendapat bagian dalam Roh Kudus. Ini tidak ada hubungannya dengan Roma Katolik, yang percaya bahwa baptisan dan sakramen perlu untuk keselamatan, dan juga tidak ada hubungannya dengan Baptis-Baptis liberal yang tidak percaya bahwa Alkitab adalah Firman Allah yang diilhamkan secara kata per kata. "Persatuan dalam keragaman" yang dipromosikan oleh gerakan ekumene didasarkan pada pemikiran manusia, bukan Firman Allah. Persatuan Kristen yang sejati adalah "seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir" (1 Kor. 1:10), dan ini hanyalah mungkin dilakukan di antara mereka yang sudah lahir baru dan yang berkomitmen secara absolut kepada Firman Tuhan yang tiada salah.

PAT ROBERTSON MEMBUAT NUBUAT LAIN LAGI
Walaupun sudah memiliki rentetan catatan panjang nubuat palsu, pengkhotbah kharismatik Pat Robertson telah membuat prediksi lainnya, yaitu bahwa Amerika akan bankrut di tahun 2010. Sebenarnya dia agak tidak yakin dengan waktunya dengan berkata, "ini akan terjadi, hanya masalah seberapa cepat." Siapapun bisa membuat suatu prediksi, dan prediksi yang satu ini sepertinya memang akan terjadi di suatu waktu di masa depan, tetapi kesalahan Robertson adalah mengklaim bahwa Allah memberitahu dia hal-hal ini. Ia telah membuktikan sejak dulu bahwa ia adalah seseorang yang tertipu dalam hal ini. Dia bernubuat di tahun 2007 bahwa Amerika akan menderita "pembunuhan masal" di tangan para teroris. Ia bernubuat pada tahun 2006 bahwa badai-badai hebat akan menghantam pantai timur Amerika dan mungkin sebuah tsunami di Barat Laut Pasifik, tetapi tidak ada badai besar yang menghantam baik itu pantai barat maupun timur Amarika tahun itu, untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade. Untuk tahun 2005 ia memprediksikan bahwa Presiden Bush akan merasakan kemenangan demi kemenangan di masa jabatannya yang kedua, padahal masa jabatan itu kacau sekali. Untuk tahun 2004 ia bernubuat bahwa Bush akan memenangkan pemiliah presiden "dengan mudah," padahal dia menang tipis dengan 51% suara. Untuk tahun 1988 ia bernubuat bahwa ia akan menjadi presiden Amerika berikutnya; untuk tahun 1982, bahwa Rusia akan menyerang Israel; untuk tahun 1980, tentang suatu depresi ekonomi dan perang besar di Timur Tengah. Tidak ada yang terjadi. Gerakan Kharismatik telah senantiasa mendiskreditkan diri mereka sendiri. Gerakan ini konyol sekaligus sesat, tetapi karena taruhannya adalah kebenaran dan jiwa-jiwa yang kekal, ia harus ditanggapi serius. Alkitab mengatakan, "apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya" (Ul. 18:22).

Graphe International Theological Seminary
Untuk berlangganan, kirim email ke: gits_buletin-subscribe@yahoogroups.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar