Minggu, Desember 20, 2009

REKOR HAPAL ALKITAB

MICHAEL BILLESTER, distributor Alkitab, berkunjung ke sebuah desa kecil di Polandia beberapa saat sebelum PD II. Memberi 1 Alkitab kpd penduduk desa yang bertobat. Orang yg baru percaya ini mengedarkan Alkitab itu kepada orang lain. Siklus ini berlanjut sampai 200 orang menjadi Percaya via 1 Alkitab.

Bil kembali tahun 1940 dan berkhotbah dalam kebaktian. Ia minta orang2 yg hadir mengucapkan ayat-ayat alkitab yang telah mereka
hapalkan.

Seorang pria berdiri dan berkata, "Mungkin kami salah tangkap. Maksud anda ayat atau pasal?"

13 orang hapal Matius, Lukas dan separo Kejadian. Ada yang berkomitmen hapal Mazmur.


Profesor seminari melakukan penelitian di Tanah Suci dan bertemu dg seorang pria yg mengaku hapal PL dalam bahasa Ibrani. Mulai dari Mazmur 1 selama 2 jam tanpa salah kata per kata, sesudah selesai ternyata pria itu atheis.

TERTULLIAN meluangkan waktu siang dan malam untuk membaca Alkitab. Begitu tekunnya ia, sehingga sangat banyak ayat yang dihapalnya, termasuk tanda-tanda bacanya.

THEODOSIUS MUDA dapat mengutip ayat Alkitab manapun secara persis, dan berbincang-bincang dengan para uskup seolah-olah dia sendiri seorang uskup.

ORIGEN tidak pernah makan atau tidur tanpa terlebih dulu membaca beberapa perikop Alkitab.

EUSEBIUS mengatakan bahwa ia pernah mendengar seseorang, yang matanya ditusuk dengan besi panas pada masa pemerintahan Kaisar Dioklesia, mengucapkan hapalan Alkitab di depan banyak orang.

BEZA sanggup mengucapkan semua surat Rasul Paulus dalam bahasa Yunani pada saat ia berusia 80 th.

CRAMER dapat menghapal seluruh PB. Ia mempelajarinya dalam perjalanan ke Roma.

Yang tidak tercatat masih banyak lagi, mulai dari Kaum Lollards di Inggris, dll. Luar biasa bukan? bagaimana dengan anda dan saya? tertarik masuk MURI atau mau dapat uang berjuta-juta dari tantangan ini? Ada situs2 internet yg menantang bagi orang Kristen siapa yg bisa menghafal satu pasal atau satu kitab akan diiming-imingi uang hadiah. Nah teman-teman berminatkah anda? kalo bisa kenapa tidak ya:) Lebih baik menjadi berkat.

sumber: Bible Trivia, Arie Saptaji, PBMR ANDI

Banyak kakek-nenek di Jayapura hafal seluruh kitab Mazmur, hal karena di sini, kitab Mazmur didaraskan dan dinyanyikan oleh Gereja2 tradisional macam GKI (Gereja Kristen Injili) di Tanah Papua, GPI (Gereja Protestan Indonesia), dsb dsb di tiap hari pada buku "Mazmur dan Nyanyian Rohani" terjemahan dan musik oleh I.S. Kijne.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar