Minggu, Mei 05, 2013

Berita Bulan Januari 2013

NARATOR BBC MENGATAKAN BAHWA MANUSIA ADALAH TULAH DI BUMI
(Berita Mingguan GITS 26 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
David Attenborough, narator terkenal dari berbagai dokumenter BBC, mengatakan bahwa manusia adalah suatu tulah di bumi. Dia memberitahu Radio Times: “Kita adalah tulah di Bumi. Dan itu semua akan menyengat kita sendiri dalam 50 tahun ke depan. Ini bukan hanya mengenai perubahan iklim; ini adalah mengenai ruang, tempat untuk menanam makanan untuk gerombolan yang sangat ramai ini. Entah kita membatasi pertumbuhan populasi kita atau dunia natural akan membatasi kita, dan dunia natural sedang membatasi kita saat ini” (“David Attenborough,” The Telegraph, 21 Jan. 2013). Dia mengatakan bahwa masalah di Etiopia adalah “terlalu banyak orang di sana,” yang sangatlah konyol. Cina dan India, yang memiliki jauh lebih banyak populasi, tidak terkena masalah kelaparan yang sama.

Densitas populasi Etiopia adalah 83 orang per kilometer kuadrat, sementara di Cina adalah 143 orang dan India 372 orang per km kuadrat, yang adalah empat kali Etiopia. Kelaparan di Etiopia disebabkan oleh perang, pemerintah yang korup dan tidak peduli, ketamakan manusia, statisme, pemukiman ulang yang dipaksakan, dan hal-hal lain. Faktanya, dokumenter BBC sendiri, seperti Planet Earth, membuktikan bahwa kurangnya tempat bukanlah masalahnya. Kebanyakan daerah Bumi yang bisa didiami masih sedikit populasinya. Masalahnya bukanlah terlalu banyak orang, tetapi terlalu banyak dosa.

Memang dalam pengertian tertentu manusia bisa disebut tulah di Bumi, tetapi bukan karena ada terlalu banyak orang; tetapi adalah karena manusia adalah pendosa melawan Allah Penciptanya dan korupsi dan kehancuran mengikuti pemberontakan itu. Sangat aneh bahwa para pendukung “pengurangan populasi” seperti David Attenborough dan Bill Gates tidak pernah mengajukan diri dan merelakan nyawa mereka sendiri untuk mengurangi beban populasi di Bumi. Mereka memiliki mentalitas elitis. Dokumenter-dokumenter BBC tentang alam sangatlah baik untuk membuktikan eksistensi Allah dan kemuliaan ciptaanNya. Sayangnya film-film dokumenter tersebut penuh dengan mitologi evolusi dan pemanasan global yang disebabkan manusia.

DUNIA BERPESTA DI TEPI KEKEKALAN
(Berita Mingguan GITS 5 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Dengan sengaja membutakan diri kepada fakta bahwa umat manusia berdiri di tepi kekekalan untuk menghadap Allah, dunia menyambut Tahun Baru dengan pesta pora yang sensual. Sebuah laporan yang mencelikkan mata di Bangkok Post berjudul “Revellers Around the World Welcome 2013.” Kebanyakan ibukota berbagai negara menyelenggarakan pesta-pesta malam tahun baru yang penuh dengan alkohol dan obat-obatan, tetapi rajanya pesta terjadi di New York City, di mana kira-kira sejuta orang berkumpul dan semilyar orang lainnya menonton di televisi dan alat-alat mobile. Extravaganza di kota berjulukan Big Apple ini mencapai klimaksnya ketika “sang walikota, dibantu oleh sekumpulan penari Rockettes, mengirim bola besar yang berkilauan turun ke bawah satu menit sebelum tengah malam.” Kerumunan ramai menjadi gila dan para peserta pesta mengucapkan selamat tahun baru satu sama lain, tetapi semua itu adalah mistikisme emosional yang kosong dan tak berarti.

Semua pesta pora yang terjadi pada malam tahun baru di dunia ini tidak dapat menghilangkan kematian dan penghakiman atau mengubah eksklusivitas keselamatan dalam Kristus, dan semua ucapan selama di dunia ini tidak bisa mengubah realita esok hari. “Pergi ke rumah duka lebih baik dari pada pergi ke rumah pesta, karena di rumah dukalah kesudahan setiap manusia; hendaknya orang yang hidup memperhatikannya. Bersedih lebih baik dari pada tertawa, karena muka muram membuat hati lega. Orang berhikmat senang berada di rumah duka, tetapi orang bodoh senang berada di rumah tempat bersukaria. Mendengar hardikan orang berhikmat lebih baik dari pada mendengar nyanyian orang bodoh. Karena seperti bunyi duri terbakar di bawah kuali, demikian tertawa orang bodoh. Inipun sia-sia.” (Pengkhotbah 7:2-6).

CAMPUS CRUSADE MEMECAT SEORANG PEMIMPIN MEREKA KARENA DIA MENAATI ALKITAB
(Berita Mingguan GITS 5 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Direktur dari Campus Crusade di University of Louisville telah dipecat karena menaati perintah Alkitab bahwa seorang wanita tidak diizinkan mengajar laki-laki (1 Timotius 2:12). Daniel Harman disingkirkan dari posisinya sebagai Pemimpin Tim Misi di chapter Louisville dari Cru (nama baru Campus Crusade yang cool), ketika dia menolak untuk “melaksanakan kebijaksanaan pelayanan tersebut bahwa staf laki-laki dan perempuan berbagi dalam tugas-tugas kepemimpinan, termasuk mengajar Alkitab” (“Cru Leader Demoted,” Christian Post, 3 Des. 2012). Harman adalah seorang mahasiswa di Southern Baptist Theological Seminary, dan kita berharap bahwa dia akan berdiri pada Firman Allah dalam semua poin dan menghormati Allah lebih daripada manusia.

Campus Crusade tidaklah berpegang kepada Alkitab sebagai otoritas final sejak pendiriannya oleh almarhum Bill Bright, seorang pragmatis yang bahkan mengubah cara penyampaian Injil dalam suatu pikiran sia-sia bahwa dia bisa melakukannya lebih baik daripada rasul Paulus. Sementara Injil dalam kitab Roma dimulai dengan kabar buruk tentang kondisi terhilang manusia di hadapan Allah yang kudus, Bright mau membuat sesuatu yang lebih positif, jadi dia memulai “Empat Hukum Rohani”nya dengan poin “Allah mengasihimu dan memiliki suatu rencana indah bagi hidupmu.” Tentu itu semua benar, tetapi tidak ada seorang pun yang akan lari kepada Kristus untuk keselamatan jika ia tidak pertama diyakinkan bahwa ia terhilang dan bahwa tidak ada cara lain keselamatan.

Kasih Kristus tidak dapat dipahami dengan benar terlepas dari kekudusan Allah. Kita melihat penekanan ini dalam Alkitab secara keseluruhan, dan banyak perikop Alkitab berbicara tentang hukum Allah sebelum sampai kepada Perjanjian Baru. Ketika saya berkhotbah di sebuah kebaktian penginjilan di Nepal pada tahun 1979, yang disponsori oleh Campus Crusade, saya berkhotbah langsung dari kitab Roma dan menyisihkan waktu untuk membangun fondasi yang benar bagi Injil, dengan cara memperlihatkan kondisi manusia yang terhilang dan betapa mengerikan posisinya di bawah murka Allah. Paulus melanjutkan tema ini selama hampir tiga pasal sebelum dia menyinggung tentang kasih karunia Allah dan pembenaran yang tersedia di dalam Kristus pada akhir Roma pasal 3. Setelah saya berkhotbah di kebaktian bawah tanah itu (memberitakan Injil adalah ilegal pada waktu itu di Nepal), pemimpin nasional Campus Crusade di situ memberitahu saya bahwa khotbah saya “terlalu negatif” dan bahwa mereka lebih menyukai pendekatan yang lebih positif dan upbeat!

Saya mengingatkan orang itu bahwa saya berkhotbah langsung dari kitab Roma dan bahwa bukan saya yang menulis kitab itu! Itu adalah yang pertama dari serangkaian konflik panjang yang saya alami sebagai seorang misionari muda dengan para Injili dan Kharismatik yang berkompromi dan pragmatis yang ada di dalam persekutuan nasional gereja-gereja “injili” pada waktu itu, dan dalam waktu kira-kira setahun akhirnya terjadi perpecahan di antara kami (puji Tuhan!), dan mereka memvonis saya dalam sebuah sidang gerejawi sebagai seorang “pemecah belah tubuh Kristus di Nepal.” Saya dijelekkan dalam sebuah surat yang dikirim kepada semua gereja-gereja.

Isu di antara kami tidaklah rumit, dan juga bukanlah hal sepele. Hal-hal ini berhubungan dengan topik seperti apakah Alkitab harus ditafsirkan literal, dan apakah Alkitab harus menjadi otoritas absolut dan satu-satunya bagi iman dan praktek orang percaya. Pertentangan kami jugalah berhubungan dengan Injil itu sendiri dan bagaimana menyampaikannya, standar Allah bagi pemimpin-pemimpin gereja (salah satu gembala mereka adalah seorang poligamis yang memiliki tiga istri dan satu lagi membuka toko buku yang menjual materi pornografi), karunia-karunia rasuli, jaminan keselamatan seorang percaya, dan peran wanita dalam pelayanan.

Pengalaman itu memberikan pendidikan yang hebat dan praktis bagi saya tentang karakter gerakan Injili modern dan pentingnya separasi Alkitabiah.

MEMBAWA KEMBALI BURUNG BANGKAI
(Berita Mingguan GITS 5 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Para penganut Zoroastrian dalam komunitas Parsi di Mumbai (dulu Bombai), India, sedang bersiap-siap membawa kembali burung-burung bangkai untuk menyantap orang-orang mereka yang meninggal. Kebiasaan kuno mereka adalah menolak baik itu penguburan maupun kremasi, melainkan mereka meletakkan orang-orang mati mereka di luar untuk dimakan oleh burung-burung bangkai.

Burung-burung bangkai hilang 15 tahun lalu karena kombinasi berbagai faktor, dan setelah negosiasi selama enam tahun, pemerintah telah setuju untuk membiayai restorasi burung-burung itu dengan biaya $5 juta. Di masa lalu, India memiliki sebanyak 400 juta burung bangkai, dan mayat-mayat dengan cepat dikonsumsi, tetapi selama dekade-dekade belakangan mereka menghilang karena penggunaan obat sakit diklofenak yang menyebabkan gagal ginjal pada burung dan sebab-sebab lain. Kaum Parsi memiliki tanah perlindungan sebesar 22 hektar di tengah Mumbai, tempat mereka mengoperasikan tiga Menara Keheningan untuk melenyapkan mayat-mayat, dengan bagian yang berbeda untuk laki-laki, perempuan, dan anak-anak. Pengurusan mayat adalah suatu isu rohani dan agamawi, walaupun dunia sekuler Barat tidak lagi menganggapnya demikian.

Alkitab menyuruh kita menguburkan orang-orang mati dan memberikan contoh penguburan dari Abraham hingga Yesus, karena Alkitab mengajarkan kebangkitan tubuh. Tubuh “ditanam” seperti suatu benih dengan iman bahwa Kristus akan membangkitkan individu itu dari antara orang mati (1 Korintus 15). Orang-orang Hindu mengkremasi tubuh karena mereka tidak percaya kebangkitan; mereka percaya reinkarnasi dan transmigrasi jiwa dari satu tubuh ke tubuh lainnya.

PAKIS KEBANGKITAN
(Berita Mingguan GITS 5 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Sejenis tanaman yang disebut “resurrection fern” (pakis kebangkitan) adalah tanaman udara yang banyak terdapat di bagian tenggara Amerika Serikat, tetapi juga tumbuh sampai ke daerah New York di utara dan Texas di barat. Biasanya pakis ini menempelkan dirinya ke batang dari pohon-pohon besar seperti pohon ek, dan mengambil nutri sari dari udara dan dari kulit pohon tersebut. Ia diberi nama “pakis kebangkitan” karena Allah telah mendesainnya untuk bertahan hidup dalam periode kekeringan yang panjang dengan cara nampak seperti mati, lalu hidup kembali ketika hujan turun. Dalam kondisi tidak ada air, daun-daunnya yang berwarna terang dan menarik akan layu dan menjadi coklat.

Dalam sebuah kunjungan ke Myrkaa State Park di Florida pada bulan Desember 2012, pakis kebangkitan sedang berada dalam “mode mati”nya. Saya mengambil foto pakis tersebut dalam kondisi itu pada sebuah batang pohon, lalu menuangkan beberapa botol air ke atasnya. Ketika saya kembali keesokan paginya, ia telah bangkit! Tanaman yang sangat luar biasa, dan sangat kompleks ini (bayangkan apa yang terjadi pada level seluler untuk memungkinkan tanaman ini hidup, bertahan hidup, dan berkembang biak), adalah gambaran dari Yesus, Anak Allah, yang bangkit dari kematian pada hari ketiga setelah pengorbananNya, ketika ia dihukum menggantikan orang berdosa untuk mendapatkan keselamatan kekal bagi mereka yang menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat. Dunia yang Allah ciptakan penuh dengan kesaksian akan kuasaNya dan hikmatNya bagi mereka yang memiliki mata untuk melihat.

Ketika saya berperjalanan ke tempat-tempat yang indah di berbagai tempat di dunia, kesempatan yang saya miliki cukup sering, saya dapat menikmati semua yang dinikmati orang-orang yang tidak percaya (kecuali dosa), seperti pemandangan dan fasilitas-fasilitas, tetapi saya menikmati semua itu pada level yang sama sekali berbeda karena iluminasi dari Allah. Saya dapat melihat dan mengagumi karya tanganNya dan memuji Dia untuk karakterNya, karena saya mengenal Dia secara pribadi. Saya dapat melihat dengan jelas apa yang terjadi hari ini, dan saya juga melihat masa depan melalui Firman Tuhan. Saya mengerti bahwa dunia sekarang ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan dunia yang akan datang. Saya dapat merenungkan dunia yang akan datang itu dan bagian saya di dalamnya!

HUMMINGBIRD
(Berita Mingguan GITS 12 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Sekitar 300an spesies hummingbird memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari hummingbird raksasa, dengan panjang sekitar 20 cm, hingga ke hummingbird lebah, dengan panjang sekitar 5 cm. Hummingbird bisa berputar pada poros sayapnya hingga mencapai sudut yang luar biasa, dan sayapnya berkepak sesuai dengan pola angka delapan. Hal ini memungkinkan si hummingbird terbang di tempat dan juga terbang ke arah belakang (dengan cara menggerakkan sayap-sayapnya secara melingkar di atas kepalanya), terband ke samping, dan bahkan terbang terbalik (kepala di bawah).

Paruhnya yang panjang dan tipis didesain untuk mencari makan di antara nektar-nektar bunga; lidahnya memiliki dua kantong yang ia pakai untuk menyimpan nektar. Lidah ini bisa keluar masuk dengan frekuensi 13 kali per detik, dan lidah ini disimpan dengan cara dilipat di bagian belakang kepala burung. Lidahnya ini juga bergerigi supaya ia dapat menyapu serangga dari dalam bunga yang ia incar.

Hummingbird Anna adalah burung tercepat di bumi. Ketika ia melakukan tukikan ke bawah dari 30 meter di atas tanah, dalam upayanya untuk menarik perhatian betina, hummingbird jantan ini merasakan lebih dari sembilan kali gaya gravitasi, dengan kecepatan relatif 385 panjang badan per detik, yang adalah dua kali lipat kecepatan pesawat jet tempur dalam kecepatan puncak atau pesawat ulang-alik ketika memasuki kembali atmosfir bumi. Hummingbird berdada merah terbang non-stop sejauh 450 mil menyeberangi Gulf of Mexico dalam waktu 20 jam, mengepakkan sayapnya yang kecil hampir 3 juta kali dalam perjalanan yang mengesankan itu.

LEBIH DARI 11.000 ORANG MATI DI TANGAN TERORIS ISLAM PADA TAHUN 2012
(Berita Mingguan GITS 12 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Menurut sebuah wabsite yang mengikuti kekerasan yang disebabkan Islam, lebih dari 11.000 orang mati dari serangan teror pada tahun 2012. Daftar lengkapnya dapat dilihat di http://www.thereligionofpeace.com. Website itu berkata: “Kami tidak melihat ada gunanya untuk berpura-pura bahwa Islam hanyalah sekedar agama lainnya, yang merupakan asumsi dari orang-orang yang tidak memperhatikan dengan jelas. Apa ada anggota agama lain yang para penganutnya kerasnya membuat video diri mereka sendiri sedang menggorek leher orang sambil menyerukan pujian bagi allah mereka? Agama mana lagi yang memiliki puluhan ribu teroris di seluruh dunia yang bersatu dalam komitmen eksplisit untuk memajukan agama melalui pembunuhan masal? Agama apa lagi yang merayakan serangan 9/11, dan menggambarkan kehancuran yang muncul sebagai ‘salah satu mujizat Quran’ dan memproklamirkannya sebagai ‘karya Allah melawan para penindas.’ Agama apa lagi yang memiliki ayat-ayat di dalam kitab sucinya yang mengingatkan manusia tentang izin ilahi bagi mereka untuk memukul istri mereka dan memperkosa budak-budak mereka? …Faktanya, Islam lebih dari agama. Ia adalah suatu sistem politik dan budaya yang kaku dengan mandat untuk menaklukkan dan memerintah atas hidup orang-orang lain, melalui kekerasan jika diperlukan ‘hingga agama hanyalah untuk allah mereka.’ Kekerasan diperbolehkan dalam Quran karena, sebagaimana dinyatakan dengan jelas oleh Ayatollah Khomeini, ‘manusia tidak bisa dibuat taat kecuali melalui pedang.’”

PERSELINGKUHAN DAN KESEHATAN
(Berita Mingguan GITS 12 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Berikut ini disadur dari “Patraeus Affair: Can Cheating Wreck Your Health?” Newsmaxhealth.com, 19 Nov. 2012: “Para peneliti dari University of Florence menganalisa data mengenai laki-laki yang terkena serangan jantung. Para lelaki yang bermain curang terhadap istri mereka, terutama yang selingkuh dengan wanita-wanita yang lebih muda, ditemukan lebih berkemungkinan mendapat serangan jantung dibandingkan lelaki yang setia. Tetapi bukan hanya stres fisik yang menguras kesehatan. Stres emosionalnya juga sangat merusak. ‘Ketika anda menjalani suatu hubungan yang tidak sah, anda menyembunyikan suatu rahasia besar, dan hal ini menambahkan stres mental yang sangat besar pada segala sesuatu yang anda lakukan,’ kata Dr. Crandall. …Memang benar, hal ini didukung oleh penelitian-penelitian medis, termasuk satu yang dipublikasikan pada bulan Mei di Jurnal Kedokteran Seksual. “Penelitian telah menemukan bahwa bercerai dapat memperpendek umur hingga 10 tahun, dan saya bukan hanya bicara mengenai orang yang selingkuh itu sendiri, tetapi bahkan anak-anaknya juga,” kara Dr. Crandall, dan ia menambahkan, ‘Saya memberitahu orang bahwa melakukan perselingkuhan adalah seperti suatu bekas sayat operasi – itu adalah hal yang jelek dan sesuatu yang tidak pernah akan hilang.’

Alkitab berkata: “Karena bibir perempuan jalang menitikkan tetesan madu dan langit-langit mulutnya lebih licin dari pada minyak, tetapi kemudian ia pahit seperti empedu, dan tajam seperti pedang bermata dua. Kakinya turun menuju maut, langkahnya menuju dunia orang mati. Ia tidak menempuh jalan kehidupan, jalannya sesat, tanpa diketahuinya. Sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah aku, janganlah kamu menyimpang dari pada perkataan mulutku. Jauhkanlah jalanmu dari pada dia, dan janganlah menghampiri pintu rumahnya, supaya engkau jangan menyerahkan keremajaanmu kepada orang lain, dan tahun-tahun umurmu kepada orang kejam; supaya orang lain jangan mengenyangkan diri dengan kekayaanmu, dan hasil susah payahmu jangan masuk ke rumah orang yang tidak dikenal dan pada akhirnya engkau akan mengeluh, kalau daging dan tubuhmu habis binasa, lalu engkau akan berkata: “Ah, mengapa aku benci kepada didikan, dan hatiku menolak teguran; mengapa aku tidak mendengarkan suara guru-guruku, dan tidak mengarahkan telingaku kepada pengajar-pengajarku? Aku nyaris terjerumus ke dalam tiap malapetaka di tengah-tengah jemaah dan perkumpulan.” Minumlah air dari kulahmu sendiri, minumlah air dari sumurmu yang membual. Patutkah mata airmu meluap ke luar seperti batang-batang air ke lapangan-lapangan? Biarlah itu menjadi kepunyaanmu sendiri, jangan juga menjadi kepunyaan orang lain. Diberkatilah kiranya sendangmu, bersukacitalah dengan isteri masa mudamu:” (Amsal 5:3-18)

PENGETAHUAN AKAN BERTAMBAH
(Berita Mingguan GITS 19 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Sekitar 2500 tahun yang lalu, pada masa kerajaan Persia, seorang malaikat memberitahu nabi Daniel, “Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah.” (Daniel 12:4). Kita sedang menyaksikan penggenapan yang dramatis akan hal ini di zaman kita. Penemuan-penemuan baru termasuk yang berikut ini:

(1) Sebuah tim IBM telah berhasil mendapatkan foto molekul-molekul tunggal yang memperlihatkan detil-detil perlekatan antara atom-atom individual (“Atomic bond types discernible,” BBC News, 13 Sept. 2012). Fotografi tersebut mempergunakan mikroskop tenaga atomik (AFM atau Atomic Force Microscopy). Teknik ini memerlukan isolasi komplit dari vibrasi apapun yang berasal dari sekitar dan harus mendinginkan alat hingga -268oC.

(2) Sebuah tim Inggris sedang mengembangkan mobil yang mereka harapkan dapat menembus rekor kecepatan di darat dengan kecepatan 1.000 mph (sekitar 1.600 km/jam) (“Training to break the world land speed record,” BBC News, 13 Sept. 2012). Bloodhound Supersonic Car yang ditenagai oleh roket dan dikendari oleh pilot pesawat tempur Inggris, Andy Green, akan menghasilkan 133.000 tenaga kuda dan melewati hampir 20 km dalam waktu kurang dari 2 menit, lebih cepat dari kecepatan lepas peluru dari pistol .357 magnum.

(3) Elektronik yang super-tipis yang dapat larut di dalam tubuh telah dikembangkan oleh para ilmuwan AS (“Melt in the Body’s Electronics,” BBC News, 27 Sept. 2012). Teknologi ini, bagian dari bidang yang disebut “transient electronics,” melibatkan penggunaan lembaran-lembaran silikon yang super-tipis di dalam suatu tempurung dari sutra yang mengendalikan kapan ia akan larut.

BURUNG PELICAN
(Berita Mingguan GITS 19 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Pelican adalah contoh lainnya dari makhluk ciptaan Allah yang luar biasa. Burung ini adalah burung air yang besar, yang memiliki tujuh atau delapan variasi jenis. Kakinya berselaput (seperti bebek), dan ia memiliki sayap yang besar, paruh yang panjang, dan semacam kantung di bawah paruhnya yang disebut kantung gular. Ukuran burung ini bervariasi dari 3 kg hingga 15 kg. Kerangka tulangnya sangat ringan, kurang dari 10% berat badannya. Pelican hidup di semua benua kecuali Antartika dan membangun sarang mereka dalam koloni-koloni. Pelican coklat menangkap ikan dengan cara terjun kepada duluan ke dalam air. Matanya yang tajam dapat melihat ikan dari sekitar 20-25 meter di udara, walaupun ada pantulan yang menyilaukan dari air, dan ia memiliki kemampuan luar biasa untuk melakukan tukikan pada waktu yang tepat dan dengan sudut yang tepat untuk menangkap mangsa.

Burung ini memiliki gelembung-gelembung kecil di bawah kulitnya untuk menahan tekanan akibat hantaman dengan air dan membantunya untuk berenang kembali ke permukaan. Fiturnya yang paling khas adalah kantung di bawah paruhnya. Kantung ini bisa menampung sekitar tiga galon air dan burung ini memakainya sebagai jala untuk menangkap ikan. Setelah menangkap mangsanya, burung mengkontraksikan kantung ini untuk mengeluarkan airnya, lalu menggeleng-gelengkan kepalanya ke belakang untuk meluncurkan ikan mangsanya ke dalam tenggorokannya. Sebuah kail di ujung paruh atasnya membantu memegang makanan yang licin.

Paruh Pelican adakah sensitif dan membantu burung tersebut menemukan ikan di air yang keruh. Pembukaan dan penutupan kantung tersebut dikontrol oleh sekelompok otot lidah yang kompleks. Melalui kontraksi dan relaksasi otot-otot ini, Pelican menggetarkan kantungnya dengan frekuensi 200 kali per menit sebagai suatu mekanisme mendinginkan diri. Pelican tidur dengan cara mendongakkan kepalanya ke belakang dan menaruh paruhnya yang panjang di punggungnya. Pada saat musim berjantan, paruh dan kantung Pelican menjadi berwarna-warni, sebagian berwarna merah muda seperti salmon, sebagian kuning, sebagian biru cobalt, dan satu strip hitam diagonal dari dasar hingga ujung paruh. Telur burung Pelican diinkubasi di atas kaki orang tuanya, dan anak-anak burung yang belum lahir dapat berkomunikasi dengan ibu mereka mengenai apakah mereka terlalu panas atau dingin.

PLANNED PARENTHOOD BANGGA MENGHANCURKAN SEORANG BAYI YANG BELUM LAHIR SETIAP 94 DETIK
(Berita Mingguan GITS 19 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Berikut ini disadur dari “Planned Parent’s New Annual Report,” CNSNews, 7 Januari 2013: “Laporan tahunan terakhir dari Planned Parenthood Federation of America untuk tahun 2011-2012 mengatakan bahwa klinik-klinik yang berafiliasi dengan organisasi tersebut melakukan 333.964 aborsi pada tahun fiskal 2011. Jika dihitung-hitung, itu berarti rata-rata satu aborsi setiap 94 detik. Angka 333.964 aborsi yang dilakukan Planned Parenthood pada tahun 2011 merupakan peningkatan 4.519 dari angka 329.445 aborsi yang mereka lakukan pada tahun 2010, menurut lembaran fakta yang dipublikasikan oleh Planned Parenthood tahun lalu. Dalam waktu dua tahun, Planned Parenthood mengatakan bahwa mereka telah mengaborsi 663.409 bayi.

Laporan 2011-2012 menyatakan bahwa Planned Parenthood mendapatkan bantuan dana $542,4 juta dari pemerintah AS. Laporan itu juga menunjukkan bahwa total aset Planned Parenthood melebihi $1 milyar. ‘Kami sangat bangga akan banyaknya kesuksesan pada tahun ini, dan sangat berterima kasih kepada semua partner, sponsor, relawan, staf, dan teman-teman yang membantu membuat semua ini terjadi,’ demikian bunyi pembukaan surat laporan tersebut, yang ditandatangani oleh presiden PPFA, Cecile Richards dan Cecelia Boone, direktur organisasi.”

GEMBALA SIDANG DIPAKSA MUNDUR DARI TAWARAN BERKHOTBAH PADA ACARA PENGANGKATAN KEMBALI OBAMA, KARENA IA MENENTANG HOMOSEKSUALITAS
(Berita Mingguan GITS 19 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Gembala sidang Louie Giglio dipaksa untuk mengundurkan diri dari berkhotbah pada acara pengangkatan sumpah Presiden Obama, karena ia menentang homoseksualitas. Dalam sebuah khotbah yang ia sampaikan pada tahun 1990an yang berjudul “A Christian Response to Homosexuality,” Giglio berkata: “Homoseksualitas bukanlah suatu gaya hidup alternatif. Homoseksualitas bukanlah sekedar preferensi seksual. Homoseksualitas bukanlah gay. Homoseksualitas adalah dosa. Ia adalah dosa di mata Allah dan adalah dosa menurut Firman Allah.” Giglio juga mengatakan bahwa “pernikahan sesama jenis” akan “beresiko meruntuhkan semua tatanan masyarakat.”

Karena kata-katanya yang benar ini, para aktivis homoseksual yang membenci Alkitab menuntut agar dia tidak berkhotbah pada acara pengangkatan kembali presiden, dan Obama tampaknya setuju, karena komite pengangkatan mencabut undangan mereka. Kekuatan gerakan homoseksual yang semakin berkembang terlihat jelas karena empat tahun lalu mereka tidak mampu menghentikan Rick Warren untuk berkhotbah pada acara pengangkatan pertama Obama, walaupun mereka mencobanya untuk alasan yang sama dengan penentangan mereka terhadap Giglio.

Baik Giglio maupun Warren bukanlah pembela Alkitab yang kuat, terbukti mereka bahkan mendapat undangan, tetapi penentangan yang hebat bahkan terhadap para pengkhotbah rock & roll, ekumenis, seperti mereka ini, memperlihatkan irrasionalitas dan intoleransi dari agenda homoseksual. Dan mengapakah musuh-musuh kebenaran begitu berkuasa hari ini? Karena para pengkhotbah di atas mimbar tidak menyerukan takut akan Allah dengan cara yang alkitabiah dan oleh karena itu telah memenuhi negeri dengan orang-orang Kristen KTP, dan hal ini menempatkan bangsa di bawah kutuk Allah.

Solusinya adalah agar umat yang percaya Allah benar-benar memperhatikan kehidupan individu, keluarga, dan gerejawi mereka sehingga Allah memberkati bukannya mengutuk Kita perlu melupakan politik dan menjadi serius dalam menaati Firman Allah. “dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka” (2 Taw. 7:14).

SATU JUTA TRILYUN KINESIN DALAM DIRIMU
(Berita Mingguan GITS 26 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
David Bolinsky dan timnya (sebuah perusahaan bernama XVIVO), mengilustrasikan konsep ilmiah dan medis yang kompleks dengan menggunakan animasi komputer. Dia telah bekerja dengan BioVision dari Departemen Biologi Molekuler dan Seluler dari Harvard. Pada suatu pidato di TED2007, dia menunjukkan sebuah klip video dari animasinya yang berjudul “Kehidupan di dalam Sebuah Sel Tubuh.” Berikut ini sedikit cuplikan dari pidatonya: “Mesin-mesin berjalan yang kecil ini, mereka disebut kinesin, dan mereka mengangkat beban-beban yang sangat besar ini, yang pastinya sulit dilakukan oleh semut sekalipun jika dibandingkan ukuran relatifnya.

Mesin-mesin yang bermacam-macam ini menjalankan bagian dalam dari sel, dan sangat luar biasa. Mereka adalah dasar dari segala kehidupan, karena mesin-mesin ini berinteraksi satu sama lain; mereka menyampaikan informasi kepada satu sama lain; mereka menyebabkan berbagai hal terjadi di dalam sel; dan sel benar-benar akan memanufaktur suku cadang yang ia perlukan, berdasarkan informasi yang dibawa dari inti sel oleh molekul-molekul yang membaca gen. Tidak ada kehidupan yang bisa ditopang tanpa mesin-mesin mikro ini. Kinesin adalah ibarat tukang delivery FedEx-nya sel, dan ia membawa kantong barang yang penuh protein yang baru saja dibuat ke tempat mana pun protein-protein itu dibutuhkan oleh sel, apakah ke membran sel atau ke suatu organel, ataukah untuk membangun sesuatu atau membetulkan sesuatu.

Dan setiap dari kita memiliki sekitar 100.000 mesin-mesin ini bekerja di dalam setiap sel kita, dan kita memiliki ratusan trilyun sel. Sangatlah ajaib bahwa mesin-mesin mikro ini cukup sadar tentang apa yang dibutuhkan oleh sel, sehingga mereka melakukan tugas mereka, mereka bekerja sama, mereka membuat sel melakukan tugasnya, dan pekerjaan mereka ini membantu tubuh kita – suatu entitas raksasa yang tidak akan pernah dilihat oleh mesin-mesin intra-sel ini – untuk berfungsi dengan benar.”

AHLI MATEMATIKA KAGUM AKAN TUBUH MANUSIA
(Berita Mingguan GITS 26 Januari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Alexander Tsiara (lahir 1952) adalah penulis dari buku From Conception to Birth: A Life Unfolds dan The Architecture and Design of Man and Woman: The Marvel of the Human Body. Sebagai pemimpin visualisasi sains di departemen kedokteran Universitas Yale, dia menulis banyak algoritma dan kode bagi NASA untuk melakukan pembedahan virtual dalam persiapan bagi astronot untuk berangkat ke luar angkasa jauh. Berikut ini disadur dari sebuah kuliah pada tanggal 10 Desember 20120, di INK Talk, di mana Tsiaras menggambarkan beberapa penemuan yang terjadi berkaitan dengan pemakaian teknologi scanning yang baru yang dapat melacak detil-detil pertumbuhan bayi di dalam rahim yang tadinya tidak bisa terlihat, dan detil-detil tubuh manusia pada umumnya.

“saya ingat salah satu hal yang pertama yang kami perhatikan adalah kolagen. Segala sesuatu di dalam tubuhmu – rambut, kulit, tulang, kuku – semuanya mengandung kolagen. Benda ini adalah struktur mirip tali yang bisa melingkar dan melilit, dan satu-satunya tempat kolagen mengubah strukturnya adalah di kornea matamu. Di dalam matamu, kolagen membentuk formasi grid dan jaringan ini menjadi transparan, bukan lagi opak. Strukturnya terorganisasi sedemikian sempurna, sehingga sulit untuk tidak melihat campur tangan ilahi, karena kita bisa melihat hal ini berulang-ulang dan berulang-ulang lagi di berbagai bagian tubuh yang berbeda. … [Perhatikan] suatu trofoblast yang baru saja berasal dari suatu blastocist (embrio), tiba-tiba menanamkan dirinya ke dinding uterus (rahim) dan mulai bercakap-cakap, katanya, “Saya akan tinggal di sini; tanamkanlah saya” – lalu membangun fetus trilinear yang luar biasa ini yang dalam 44 hari menjadi sesuatu yang bisa anda kenali, dan lalu setelah sembilan minggu sudah mirip dengan tubuh manusia kecil. …Lalu ada juga set instruksi untuk setiap bagian tubuh lainnya. …Dan ini bukan hanya mengenai eksistensi diri kita sendiri, tetapi bagaimanakah tubuh wanita memiliki struktur genetika yang bukan hanya membangun tubuhnya sendiri, tetapi juga memiliki pengertian yang memungkinkan dia menjadi sistem imunulogis, kardiovaskular berjalan, yang adalah sistem mobile yang dapat mengembangkan anak itu. Semua ini adalah keajaiban, dan sekali lagi, di luar pemahaman kita. …

Kompleksitas model matematika dan bagaimana hal-hal ini benar-benar terjadi berada di luar pemahaman manusia. Walaupun saya seorang ahli matematika, saya melihat hal ini dengan suatu kekaguman, bagaimana instruksi-instruksi ini tidak melakukan kesalahan ketika membangun diri kita. Ini adalah suatu misteri. Ini adalah magic. Ini ilahi. …Sampai dengan anda berumur sembilan bulan, anda memiliki hampir 60.000 mil pembuluh darah arteri, vena, dan kapiler di dalam tubuhmu, yang membawa bahan makanan dan mengeluarkan sampah. Dan hanya satu mil yang bisa tampak kepada mata. …[Ini adalah] magic, yaitu bahwa kita eksis.” KESIMPULAN: Anda berkata bahwa tidak ada bukti Allah ada? Bukan hanya bukti keberadaan Allah itu di mana-mana, tetapi juga banyak bukti bahwa Allah telah menyatakan diriNya kepada manusia melalui Alkitab.

Editor: Dr. Steven E. Liauw
Graphe International Theological Seminary (www.graphe-ministry.org)
(Didistribusikan dengan gratis, dengan mencantumkan informasi sumber di atas)
Untuk berlangganan, pilih opsi “Join Group” di: http://groups.yahoo.com/group/gits_buletin/ dan ikuti petunjuk selanjutnya di layar komputer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar