Rabu, Mei 08, 2013

Berita Bulan Februari 2013

TEMA LAGU ROCK: MUDA, LIAR, DAN BEBAS
(Berita Mingguan GITS 23 Februari 2013, sumber: www.wayoflife.org)
Sebuah lagu pop yang sedang hit saat ini adalah pengingat bahwa rock & roll telah mempromosikan pemberontakan dan immoralitas sejak awalnya. Lagu yang berjudul “Young, Wild and Free” (Muda, Liar dan Bebas) oleh Snoop Dog dan Wiz Khalifa mempromosikan minum alkohol, menggunakan marijuana, dan “keliaran-keliaran” lainnya. Lirik lagu berbunyi, “So what we get drunk [Jadi kenapa kalau kami mabuk] / so what we don’t sleep (smoke weed) [jadi kenapa kalau kami tidak tidur (menghirup obat)] / We’re just having fun (kami hanya bersenang-senang)] / We don’t care who sees [kami tidak peduli siapa yang melihat] / So what we go out (jadi kenapa kalau kami pergi keluar] / That’s how it’s supposed to be [memang beginilah seharusnya] / Living young and wild and free [hidup muda dan liar dan bebas].” Saya mendengar lagu yang bodoh ini dimainkan di berbagai tempat bisnis dan tempat-tempat umum mulai dari Kathmandu, Berlin, Bangkok, dan New York City, dan ini adalah tema yang sama yang telah selalu dipromosikan oleh musik rock. Dalam bukunya tentang sejarah musik rock, Nick Tosches mengatakan, “Lagu Good Rockin’ Tonight oleh Elvis bukanlah sekedar suatu lagu pesta, tetapi suatu undangan untuk menuju kehancuran. …Musik rock adalah wajah dari Dionysus, penuh dengan seksualitas dan ketidakberartian; ia dapat membuat kulit istri-istri baru merona dan anak-anak remaja lelaki yang baru besar mengubah diri mereka menjadi makhluk-makhluk yang berapi-api” (Nick Tosches, Country: The Twisted Roots of Rock ‘n’ Roll).
Seorang sejarahwan musik rock lainnya berkata, “Jika kamu berpikir bahwa musik rock hanyalah sekedar musik, kamu salah. Musik rock dari dulu adalah suatu sikap” (Billy Poore, RockABilly: A Forty-Year Journey). Sampai dengan tahun 1960an, sikap dari musik rock bahkan semakin “menantang” dengan seruan-seruan untuk memberontak. Grup Rolling Stones dan The Animals dan tak terhitung banyaknya rocker-rocker lainnya, mendorong generasi tersebut untuk bernyanyi, “saya bebas untuk melakukan apapun yang saya mau kapanpun juga,” dan “Ini hidupku dan aku akan melakukan yang ku mau.” Generasi itu dan setiap generasi sesudahnya perlahan-lahan belajar bahwa pesan rock ‘n’ roll adalah suatu kebohongan. Kamu tidak bisa melakukan apapun yang kamu mau tanpa konsekuensi-konsekuensi serius, baik dalam hidup ini maupun yang akan datang. Mereka yang hidup muda dan liar tidaklah bebas. Banyak sekali orang-orang muda yang mati muda atau melakukan pelanggaran-pelanggaran yang mereka sesali seumur hidup karena hidup secara liar itu. Kebebasan hanya ditemukan dalam Yesus Kristus. ” Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa. Dan hamba tidak tetap tinggal dalam rumah, tetapi anak tetap tinggal dalam rumah. Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.” (Yoh. 8:34-36).


DESAIN ILAHI DARI JAGUNG
(Berita Mingguan GITS 23 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Alkitab mengatakan bahwa manusia diciptakan oleh Allah dan ditempatkan di suatu dunia yang telah didesain untuk kebaikannya. Bukti akan hal ini dapat ditemukan di mana-mana. Perhatikan tanaman jagung yang “rendahan.” Satu biji jagung biasanya menghasilkan “pohon” yang berisi dua batang jagung, masing-masingnya memiliki 400 hingga 600 kernel atau biji. Jadi, satu biji ini menggandakan dirinya 1000 kali lipat atau lebih dalam satu generasi. Jika kamu menanam kembali biji-biji dari satu pohon jagung, dan setiap biji itu tumbuh dewasa – setiap pohon menghasilkan dua batang dengan rata-rata 500 biji per batang (2.000 x 500) – anda mendapat satu juga biji jagung. Dan itu barulah generasi kedua. Dan jika satu juta biji itu ditanam kembali dan setiap pohonnya menjadi dewasa, anda akan mendapatkan satu milyar biji jagung hanya dalam tiga generasi! Ini adalah contoh betapa berlimpahnya Allah telah memberkati dunia ini demi manusia. “Sedemikian hebatnya kemampuan reproduksi DNA, terutama pada tanaman-tanaman produksi primer yang harus menghasilkan biomassa jaringan makanan yang cukup agar semua konsumen – termasuk kita manusia – dapat bertahan hidup” (Kenneth Poppe, Exposing Darwinism’s Weakest Link, hal. 33). Jagung memiliki sifat dapat mem-polinasi diri sendiri, jadi dalam setiap pohonnya ada bunga jantan dan bunga betina. Yang betina adalah batang yang memiliki benang-benang halus keluar dari bagian atasnya (bunga ini sebenarnya terdiri dari kernel, yang adalah ovule, dan benang-benang itu, yang adalah stigma). Setiap biji jagung secara individu dibuahi oleh satu benang, yang tertutupi oleh rambut-rambut yang halus dan lengket yang menangkap sari (pollen). Bunga-bunga jantan melepaskan sari pollen mereka ke udara. Ketika disebarkan, pollen ini akan jatuh ke daerah sekitar 5-20 meter dari pohon jagung itu. Jadi, selalu dianjurkan untuk menanam jagung dalam bentuk blok, bukan strip-strip panjang. Munculnya benang-benang halus dan tersebarnya pollen memperlihatkan lagi kehebatan intelijensi sang Pencipta yang telah memprogram DNA tumbuh ini. Peristiwa ini harusnya dilakukan dengan timing yang sangat tepat. Pollen biasanya akan jatuh sekitar dua atau tiga hari sebelum munculnya benang halus, dan berlangsung terus selama lima sampai delapan hari. Penyebaran pollen berkaitan dengan cuaca. Jika iklim terlalu kering atau terlalu basah, penyebaran akan berhenti, dan lanjut lagi ketika suhu optimal. Dengan jalan itu, jarang sekali sari pollen akan terbawa pergi oleh hujan, karena memang tidak dilepaskan jika udara basah. Ini adalah proses-proses luar biasa yang memungkinkan jagung berkembang dengan baik demi kepentingan manusia. “Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu” (Maz. 104:24).

ORANG-ORANG YANG BERSIAP-SIAP KIAMAT (DOOMSDAY PREPPERS)
(Berita Mingguan GITS 16 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Doomsday Preppers, sebuah pertunjukan televisi di channel National Geographic yang mulai mengudara sejak tahun 2012, menggambarkan kisah-kisah nyata dari orang-orang yang bersiap-siap menghadapi kiamat sosial-ekonomi. Jumlah orang yang masuk kategori ini semakin bertambah, dan tayangan televisi ini adalah yang paling banyak ditonton di sejarah jaringan televisi tersebut. Kini bahkan ada yang disebut American Preppers Network, dan pembangunan sekaligu penyetokan tempat-tempat perlindungan keselamatan adalah industri yang berkembang. Vivos, misalnya, sedang merencanakan suatu sistem tempat perlindungan bawah tanah secara nasional, dalam berbagai ukuran, dan dapat menyokong mulai dari 10 orang hingga 2000 orang selama satu hingga lima tahun. Tempat-tempat perlindungan ini ditawarkan secara sukarela, jadi dimiliki oleh sekelompok orang (yang membayar), dan orang-orang ini dijanjikan akses masuk bila terjadi suatu kasus darurat. Developer Larry Hall sedang membangun kondo-kondo untuk bertahan hidup di silo-silo (gedung peluncuran) peluru kendali yang sudah tidak dipakai lagi di Kansas, dan sejauh ini para pembeli membayar $7 juta.

Atlas Survival Shelters (Tempat-Tempat Perlindungan Atlas), didesain agar terkubur 1 meter di bawah tanah, kini tersedia untuk harga $10.000 per orang. Di website BePrepared.com, anda bisa membeli segala hal yang anda perlukan untuk bertahan hidup, termasuk persedian makanan siap santap selama setahun dengan harga $4.200. Di toko-toko Safer America, anda bisa menyetok masker gas dan pakaian biohazard. Tidak diragukan lagi bahwa kita hidup di zaman yang penuh kekacauan, sebagaimana telah diprediksikan oleh nubuat Alkitab. Kitab yang sama itu juga telah menubuatkan kedatangan pertama Kristus, termasuk detil-detil penyalibanNya, dan juga nubuat akan kedatanganNya yang kedua. Kedatangan kedua itu akan didahului oleh suatu period waktu yang Yesus sebut Kesusahan Besar, suatu waktu yang jauh lebih destruktif dibandingkan apapun yang pernah dunia saksikan, tetapi periode waktu ini tidak bisa dilalui di satu tempat perlindungan bawah tanah.

Alkitab mengatakan bahwa Antikristus akan memerintah selama tujuh tahun dalam suasana yang semakin hari akan semakin buruk, dan tidak ada tempat perlindungan yang bisa tahan selama itu. Tidak ada seorang pun yang akan dapat membeli atau menjual tanpa tandanya. Antikristus bukanlah manusia biasa. Dia akan didukung oleh Setan dan pasukan roh-roh jahatnya. Solusi yang jauh lebih baik adalah beriman kepada Yesus Kristus dan dibasuh dalam darahNya dan melayani dalam ladang penuaianNya yang sudah menguning sambil menanti Pengangkatan yang dapat terjadi setiap waktu. Ini bukanlah saatnya untuk bersembunyi di dalam liang; ini adalah waktunya untuk memberitakan Injil ke pelosok-pelosok bumi. Alasan Kristus masih belum kembali adalah karena kasihNya kepada jiwa-jiwa (2 Petrus 3:9). Pengangkatan orang-orang percaya Perjanjian Baru bukanlah suatu skenario fiktif; hal itu adalah janji Allah yang tidak dapat berbohong. “Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri” (1 Tes. 5:4).

PENGANIAYAAN DI CINA MENINGKAT
(Berita Mingguan GITS 16 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Berikut ini disadur dari “Christian Persecution,” Christian Post, 6 Feb. 2013: “ChinaAid, sebuah organisasi non-profit Kristen yang berbasis di Texas, yang memonitor kebebasan beragama di Cina, mengatakan dalam laporan tahunan 2012-nya pada hari Senin bahwa pemerintah Cina meneruskan peningkatan penganiayaan mereka terhadap orang-orang Kristen di negara itu untuk tahun yang ketujuh berturut-turut. Laporan itu meneliti 132 kasus penganiayaan yang melibatkan 4.919 orang, dan menemukan bahwa insiden penganiayaan naik 41,9 persen dibandingkan tahun 2011. Tambahan lagi, jumlah orang yang dijatuhi hukuman dalam kasus-kasus penganiayaan agama melonjak 125 persen pada tahun 2012 dibandingkan 2011, menurut penemuan grup tersebut. ‘Jika mengikuti kemauan pemerintah Cina, tidak akan ada agama sama sekali di dalam batas wilayah mereka,’ demikian kata organisasi itu di website mereka, meresponi hasil laporan penganiayaan tahun 2012 mereka. ‘Beijing takut akan adanya otoritas yang lebih tinggi, dan mereka sangat takut kepada kelompok manapun yang mampu untuk mengorganisir massa, terutama yang berpusat pada suatu ideologi atau kepercayaan,’ mereka menambahkan. …Menurut laporan ChinaAid itu, metode-metode untuk menekan kekristenan di Cina termasuk ‘secara paksa menutup dan menyegel gereja-gereja, menekan gereja-gereja untuk bergabung dengan sistem gereja Tiga Mandiri yang resmi, menahan pemimpin-pemimpin gereja dan mengirim mereka ke kamp-kamp kerja paksa dengan alasan “dicurigai mengorganisir dan menggunakan suatu bidat untuk merongrong penegakan hukum,” dan dengan ketat membatasi penyebaran iman Kristen di kalangan murid-murid.’”

DIETRICH BONHOEFFER
(Berita Mingguan GITS 16 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Dietrich Bonhoeffer adalah salah satu pahlawan gerakan Injili kontemporer. Dia dikutip secara antusias oleh hampir semua orang, mulai dari Rick Warren hingga Warren Wiersbe. Tetapi Bonhoeffer adalah seorang penyesat kelas kakap, dan fakta bahwa dia pernah membela orang Yahudi dan akhirnya dihukum mati karena ambil bagian dalam rencana pembunuhan Hitler, tidaklah menghilangkan dosanya melawan Firman Allah. David Becker membuat pengamatan berikut: “Saya tidak bermaksud untuk mengritik orang lain, tetapi saya mau menyatakan kebenaran dalam kasih, dan salah satu hal yang paling mengganggu saya adalah ketika saya melihat orang-orang, terutama mereka yang menganggap diri mereka atau mempresentasikan diri sebagai konservatif dalam theologi, memuji-muji Dietrich Bonhoeffer.

Bonhoeffer berpegang kepada suatu Kekristenan yang tidak beragama, dan menyatakan keraguan tentang Allah sebagai suatu hipotesis yang benar. Dia adalah bapa dari apa yang disebut trend ‘kematian Allah’ beberapa tahun lalu. Dia banyak menulis dan juga menulis hal-hal yang kedengaran ortodoks, tetapi dia secara konsisten memiliki pandangan yang rendah terhadap Alkitab, menganggapnya sebagai mitos. …Dalam bukunya, Christ the Center (1960, penerbit Harper & Row), Bonhoeffer menulis: ‘Jadi jika kita berbicara tentang Yesus Kristus sebagai Allah, kita tidak boleh berbicara tentang dia sebagai perwakilan dari ide Allah yang memiliki sifat-sifat mahatahu dan mahakuasa (tidak ada hal seperti sifat abstrak ilahi!)’ (hal. 108). Jadi Bonhoeffer tidak sungguh-sungguh percaya Yesus adalah Allah. …Bonhoeffer juga tidak berpikir bahwa Yesus tidak memiliki dosa. ‘Pernyataan tentang ketiadaberdosaan Yesus menjadi gagal jika yang dimaksud adalah tindakan-tindakan Yesus yang dapat dilihat. Tindakan-tindakannya dilakukan dalam keserupaan daging. Mereka tidaklah tanpa dosa, tetapi ambigu. Seseorang bisa dan seharusnya melihat hal yang baik maupun buruk dalam tindakan-tindakan Yesus’ (hal. 113). …Jadi Bonhoeffer menolak Kristologi klasik, memandang rendah Alkitab, menyangkal keilahian Kristus, meragukan kelahiran perawan Kristus, menolak ketiadaberdosaan Kristus, dan menolak kebangkitan fisik Kristus” (Becker, “Dietrich Bonhoeffer Rejected Classic Christology,” The Christian News, 5 Juni 2000).

ALLIGATOR AMERIKA
(Berita Mingguan GITS 16 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Alligator Amerika adalah reptil air tawar yang besar, semi-aquatik, yang bersifat karnivor, yang hidup di bagian-bagian Tenggara Amerika Serikat yang hangat, dengan populasi terbesar di Florida dan Louisiana. Nama binatang ini berasal dari bahasa Spanyol, el larato, yang berarti kadal besar, yang adalah sebutan para penjelajah Spanyol bagi makhluk ini. Kira-kita ada dua juta alligator di Louisiana dan Florida saja. Alligator terbesar dalam catatan adalah spesimen di Louisiana, dengan panjang lebih dari 6 meter; dan yang paling berat ada di Florida, lebih dari 450 kg.

Alligator didesain secara luar biasa untuk tujuan dan habitatnya. Sebagai contoh, binatang ini memiliki katup di bagian belakang tenggorokannya yang menutup saat ia menyelam, sehingga air tidak masuk ke paru-paru. Binatang ini berdarah dingin, dan harus berjemur untuk mempertahankan suhu tubuh yang tepat, tetapi ia berhasil melakukan ini tanpa salah selama berabad-abad. Ekornya sepanjang setengah tubuhnya dan memainkan banyak peran, mendorongnya di dalam air, menjadi senjata, dan menyimpan lemak yang dapat dipakai oleh alligator sebagai nutri sari selama waktu-waktu ia tidak bisa makan. Seekor alligator jantan yang besar dapat menggigit dengan tenaga besar lebih dari 1300 kg. Ini adalah gigitan paling kuat yang pernah diukur, lebih dari kekuatan suatu mobil ukuran sedang jatuh ke atas seseorang.

Sebagai kontras, gigitan hyena memiliki kekuatan 450 kg; seekor singa 425 kg; seekor ikan hiu 150 kg; seekor anjing Labrador 56 kg; dan manusia 77 kg. Alligator bisa menutup rahangnya dalam waktu 50 milidetik. Alligator menghabiskan kebanyakan waktu mereka mengapung setengah badan, dengan hanya moncong dan mata mereka yang muncul di atas permukaan, menunggu makanan. Yang betina membangun sarang dari tumbuh-tumbuhan yang besar, yang akan memberikan kehangatan bagi telur-telur saat tumbuh-tumbuhan itu membusuk. Jenis kelamin anak-anak akan ditentukan oleh letak telur di sarang tersebut dan suhu waktu mereka diinkubasi. Jika suhunya 30 derajat Celsius atau lebih rendah, telur akan menghasilkan betina, dan jika 34 derajat Celsius atau lebih tinggi akan menghasilkan jantan.

Ibu alligator akan mengeluarkan 20 hingga 50 telur dan mempertahankan sarang dari predator selama 60an hari pengeraman. Pada waktu-waktu tersebut, sang ibu bisa menjadi bahaya besar bagi mereka yang mendekat ke sarang, karena alligator bisa berlari 27 km per jam untuk jarak pendek, dan itu lebih cepat dari rata-rata manusia. Dia akan memperingatkan penyusup dengan berdesis, dan membanting-banting ekornya, mengatup-ngatupkan rahangnya. Sekelompok alligator disebut sebuah “congregation” (jemaat), dan banyak gembala sidang yang dapat bersaksi bahwa sebuah gereja bisa lebih mirip suatu “jemaat” alligator yang berdesis dan mengatup-ngatupkan rahang daripada orang-orang kudus!

SUPERBOWL
(Berita Mingguan GITS 9 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Di Amerika Serikat sekarang sedang demam Superbowl. Setiap 4 tahun, banyak orang tergila-gila dengan World Cup. Berolahraga itu tidak salah dengan sendirinya, dan bisa saja ada manfaat, tetapi juga ada banyak bahaya rohani. Apalagi berkaitan dengan sport profesional, yang adalah salah satu ilah sistem dunia saat ini yang penuh dosa. Faktanya ada banyak orang Kristen, atau bahkan hamba Tuhan dan anggota-anggota gereja yang gila olahraga sama seperti orang-orang yang tidak percaya, dan ini mengindikasikan kompromi yang mendalam. Orang-orang ada yang sangat tergila-gila dengan sepak bola, atau basketball, atau baseball, football Amerika, tenis, atau apapun juga itu!

Mereka menginvestasikan uang, waktu, dan emosi mereka ke dalam hal-hal yang sia-sia ini, yang tidak memiliki nilai kekal apapun. Mereka bicara tentang “tim” mereka, padahal mereka tidak bermain dalam tim-tim in. Mereka bersemangat ketika “tim mereka” menang, dan menjadi lesu jika “tim mereka” kalah, padahal tim mereka itu tidak mengenal mereka dan mungkin sama sekali tidak peduli tentang mereka. Di balik kesia-siaan emosional ini, ada juga fakta bahwa dunia sport profesional dipenuhi oleh berbagai kefasikan.

Misalnya pertunjukan paruh waktu dan iklan-iklan yang ditayangkan selama berlangsungnya ilah besar Amerika, yaitu Superbowl (semacam final football Amerika, setara dengan final Piala Dunia untuk sepak bola). Pertunjukan paruh waktu untuk tahun 2013 oleh Beyonce, digambarkan sebagai sesuatu yang “mendorong batas-batas x-rated.” Salah satu iklan yang muncul adalah iklan Mercedes, yang menggambarkan seorang lelaki muda yang mempertimbangkan menjual jiwanya kepada Iblis untuk mendapat kesenangan memiliki mobil yang cantik. Secara pantas, iklan itu diiringi musik Rolling Stone yang jahat, “Sympathy for the Devil.” Orang Kristen manapun yang mengundang sampah seperti ini masuk ke dalam kehidupan pribadinya memerlukan keselamatan atau kebangunan rohani. Gembala-gembala sidang yang bermain-main dengan hal-hal seperti ini perlu bertobat.

Sedikit sekali orang yang memandangnya dari perspektif ini, karena mereka yang mengikuti sport profesional setiap minggunya sudah terdesensitisasi kepada kejahatan yang menyertainya. Pergaulan dengan kejahatan pasti merusak pikiran yang rohani, sebagaimana diperingatkan oleh Firman Allah: “Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik” (1 Kor. 15:33)

DENOMINASI REFORMED DAN ROMA SETUJU UNTUK SALING MENGAKUI BAPTISAN MASING-MASING
(Berita Mingguan GITS 9 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Setelah diskusi selama tujuh tahun, denominasi-denominasi Reformed di Amerika dan Gereja Roma Katolik telah menandatangani sebuah persetujuan untuk mengakui “sakramen baptisan” satu sama lain. “Persetujuan Bersama” tersebut berbunyi, “Baptisan menegakkan ikatan persatuan yang ada antara semua pihak yang menjadi bagian dari tubuh Kristus dan oleh karena itu merupakan basis sakramental bagi usaha kami untuk bergerak ke arah persatuan yang nyata.”

Selain Gereja Roma Katolik, para penandatangan mewakili Christian Reformed Church in North America, Presbyterian Church USA, Reformed Church in America, dan United Church of Christ. Wes Granberg-Michaelson, sekretaris jenderal emeritus dari Reformed Church in America, menyebut penandatanganan tersebut sebagai suatu “langkah signifikan menuju penyembuhan dan rekonsiliasi” (“Major Baptism Agreement,” Christianity Today Leanings, 1 Feb. 2013). Memang benar, ini adalah satu langkah lagi menuju pembentukan suatu gereja esa-sedunia.

Pengakuan “baptisan Roma” sebagai sesuatu yang sah menunjukkan kesesatan total dari denominasi-denominasi “Protestan” ini, karena Roma menyatakan bahwa baptisan adalah hati dan jiwa dari injilnya. Dekrit resmi dari Konsili Vatikan II menyatakan, “Melalui sakramen Baptisan, ketika ia dengan benar dijalankan sesuai dengan cara yang ditentukan Tuhan dan diterima oleh keadaan jiwa yang tepat, manusia benar-benar bersatu ke dalam Kristus yang tersalib dan termuliakan, dan ia akan terlahirkan kembali kepada suatu kebersamaan dalam kehidupan ilahi” (Decree on Ecumenism, pasal 3, II, 22, hal. 427).

Ini adalah suatu injil palsu yang dikutuk oleh Allah, sesuai dengan Galatia 1:8-9, karena injil apapun selain Injil kasih karunia semata yang diberitakan oleh rasul Paulus adalah terkutuk. Paulus dengan jelas menyatakan bahwa baptisan BUKANLAH Injil. “Sebab Kristus mengutus aku bukan untuk membaptis, tetapi untuk memberitakan Injil; dan itupun bukan dengan hikmat perkataan, supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia.” Ia menyimpulkan Injil dalam 1 Korintus 15:3-4, dan di sana tidak menyinggung baptisan sama sekali.

BANGAU BIRU BESAR
(Berita Mingguan GITS 9 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Bangau Biru Besar adalah burung besar yang agung, yang hidup dekat pantai-pantai danau atau tanah basah, baik air tawar maupun asin, terutama di bagian-bagian Amerika Utara, Tengah, dan daerah Caribbea. Kebanyakan bulunya berwarna sejenis abu-abu biru; kepalanya putih dengan sekumpulan bulu yang membentuk garis hitam di atas matanya.

Paruh dan kakinya kuning. Dia disebut “besar” karena ukurannya. Burung ini kalau berdiri akan setinggi kira-kira 1,3 meter atau lebih, rentang sayap hingga 2 meter, dan berat badan 2,5 hingga 4 kg. Ketika berburu makanan, burung ini berdiri diam menunggu mangsa untuk datang ke dalam jangkauannya, atau ia berjalan dengan langkah yang sangat perlahan dan diperhitungkan, membunuh atau membuat pingsan mangsanya melalui tusukan lehernya yang panjang. Tulang leher yang spesial memungkinkan burung ini menekuk lehernya menjadi bentuk “S” dan meluruskannya dengan super cepat. Bangau Biru Besar juga makan tikus, serangga, dan binatang-binatang kecil lainnya, menelan mangsanya utuh-utuh.

Bangau Biru Besar berburu sendirian, tetapi bersarang dalam koloni-koloni, mulai dari lima pasang hingga 100 pasang per koloni. Jantan dan betinanya bekerja sama untuk membangun sarang, menginkubasi, melindungi, dan memberi makan anak-anak. Sang jantan membawa bahan-bahan sarang dan betinanya akan membangun sarang. Sang betina menduduki telur-telur pada waktu malam, sementara sang jantan mengeraminya pada waktu siang. Bangau Biru Besar hampir diburu hingga punah pada awal abad 20 karena bulunya yang indah sangat diminati sebagai aksesori topi wanita.

SILINDER KORESY AKAN TUR DI AS
(Berita Mingguan GITS 9 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Silinder Koresy, salah satu artefak Arkeologi yang indah yang memberikan informasi latar belakang tentang zaman-zaman yang tertulis dalam Alkitab, dijadwalkan akan ditampilkan di lima museum di AS tahun ini, yaitu di New York, Washington D.C., Houston, San Francisco, dan Los Angeles. Koresy (576-530 SM), disebut 23 kali dalam Alkitab, dan adalah seorang raja Persia yang mengalahkan Kerajaan Babel dan mengeluarkan proklamasi yang memerintahkan pembangunan kembali Bait Yahudi (Ezra 1:1-4). Koresy disebutkan dalam nubuat sebelum ia lahir (Yesaya 44:28 dan 45:1). Para skeptik pernah menyangka bahwa catatan Alkitab tentang Koresy membebaskan orang-orang Yahudi, dan bagaimana dia memberikan kebebasan beragama, adalah mitos. Tetapi Silinder Koresy mengkonfirmasi bahwa itu memang adalah kebijaksanaan dia. Silinder tersebut, yang dimiliki oleh British Museum, mengandung teks dalam bahasa Akkadian yang menyatakan bahwa Koresy memiliki kebijaksanaan merestorasi para tawanan kembali ke negeri mereka dan membantu mereka mendirikan kembali bait-bait mereka. Silinder ini ditemukan di puing-puing bait Marduk di Babel pada tahun 1879.

Silinder ini berbunyi: “Saya mengembalikan kepada kota-kota kudus ini di seberang Tigris, bait-bait yang telah menjadi puing untuk waktu yang lama, gambar-gambar yang [tadinya] tinggal di dalamnya dan menegakkan mereka sebagai bait-bait permanen. Saya [juga] mengumpulkan semua penghuni mereka [yang dulu] dan mengembalikan mereka ke tempat asal mereka.”

Editor: Sewaktu saya mengunjungi London, saya ada melihat Silinder Koresy dipajang di British Museum. Sungguh, akurasi catatan Alkitab setiap hari dipertegas oleh penemuan-penemuan Arkeologi.

PENGANIAYAAN ANTI-YAHUDI DI EROPA
(Berita Mingguan GITS 2 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Berikut ini disadur dari “No Hebrew, Please, This Is Europe,” Frontpagemag.com, 7 Jan. 2013: “Duta besar Israel untuk Denmark dan juga kepala komunitas Yahudi di Kopenhagen telah memperingatkan orang-orang Yahudi di kota itu bahwa jika mereka tidak mau dikasari di jalanan oleh orang-orang anti-Semit, mereka sebaiknya tidak memakai apa-apa yang dapat mengidentifikasikan mereka sebagai Yahudi – dan untuk lebih amannya lagi, mereka juga sebaiknya berbisik-bisik jika berbicara Ibrani.

… sebuah seminari theologi Yahudi di Potsdam telah meminta rabbi-rabbi mereka untuk tidak memakai yarmulke (topi kecil khas yang dipakai oleh lelaki Yahudi) di muka umum. Murid-murid di sebuah sekolah Yahudi di Berlin telah diperingatkan untuk berbicara Jerman, bukan Ibrani, dalam perjalanan sekolah – dan untuk memakai topi baseball di atas yarmulke mereka ‘supaya kamu tidak memberikan alasan bagi orang-orang yang bodoh untuk menjadi kesal.’ Orang-orang Yahudi di sinagog utama di Roma kini menanggalkan yarmulke mereka seusai kebaktian; demikian juga dilakukan oleh orang-orang Yahudi di Malmo, Swedia.

Seorang guru Yahudi di pusat edukasi dewasa di Kristiansand, Norwegia, telah diberitahu ‘bahwa memakai tanda bintang (Daud) dapat dianggap sebagai provokasi terhadap banyak murid Islam di sekolah itu.’ … [seorang] penumpang Metro di Paris baru-baru ini dipukul hingga tidak sadarkan diri oleh segerombolan orang yang menandai dia sebagai Yahudi karena dia sedang membaca sebuah buku oleh rabbi utama di Paris. …[dalam sebuah laporan Tahun Baru di Haaretz] Joel Braunold mengakui bahwa Eropa memang memiliki “masalah anti-Semit yang serius” saat ini, dan bahwa “jumlah ibukota Eropa yang masih aman semakin berkurang.” …

Dalam sebuah laporan yang berjudul “Anti-Semitism: a growing problem in France,” Public Radio International mencatat bahwa penembakan di sekolah Toulouse bulan Maret yang lalu hanyalah yang paling dilaporkan dari sejumlah besar serangan anti-Semit di Perancis tahun ini,’ demikian dikutip oleh ahli anti-Semit PRI , Sammy Ghozlan, yang mengatakan juga bahwa orang-orang Yahudi Perancis kini ‘menghindar dari keluar malam-malam, pergi ke wilayah tertentu, dan memakai yarmulke.’”

Editor: Bahwa anti-Semitisme akan meningkat di akhir zaman sudah dinubuatkan dalam Alkitab. Zakharia 12:2-3 memberitahu kita bahwa pada akhir zaman, semua bangsa akan mengepung dan m enyerang Yerusalem. Wahyu 12 memberitahu kita bahwa Iblis akan melakukan penganiayaan terhebat terhadap orang Yahudi pada 3,5 tahun terakhir masa Tribulation.

RICK WARREN TIDAK MEMBERITAKAN INJIL DI ACARA TED TALK
(Berita Mingguan GITS 2 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Ketika Rick Warren, salah satu gembala sidang paling berpengaruh di dunia, diundang untuk berbicara dalam acara Ted Talk pada bulan Februari 2006, di hadapan khalayak ramai sekuler yang campur aduk, yaitu suatu forum yang dia ketahui akan direkam dan didengar jauh lebih luas dari pendengar langsungnya, maka seharusnya itu menjadi kesempatan yang sangat baik bagi seorang pengkhotbah Baptis untuk memberitakan Injil Yesus Kristus.

Pastinya itulah yang Rasul Paulus akan lakukan. Paulus memberitakan Injil dalam setiap forum, baik di pasar di kota Korintus ataupun di Bukit Mars di Athena, karena Paulus yaking bahwa Injil saja adalah kekuatan Allah untuk keselamatan (Roma 1:16). Demikianlah ia bersaksi, “Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan.”

Tetapi Rick Warren tidak berjalan dalam jejak teladan rasul Paulus. Dia memiliki Injil yang berbeda dan tujuan pelayanan yang berbeda. Injilnya adalah suatu injil yang berpusat pada manusia melalui berbuat baik dan aktualisasi diri dan tujuannya adalah mengubah dunia melalui program PEACE yang dia prakarsai. Paulus merangkumkan Injil sebagai berikut: “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci.”

Di tempat lain Paulus mengatakan bahwa Injil ini disampaikan kepada dirinya melalui penyingkapan ilahi dan bahwa jika ada orang lain yang memberitakan injil yang lain, ia berada di bawah kutuk Allah (Galatia 1:6-12). Injil Paulus sangatlah jelas. Injil tersebut mengatakan bahwa semua manusia adalah orang berdosa yang telah jatuh, yang berada di bawah murka Allah yang kudus karena pemberontakan mereka, bahwa tanpa keselamatan mereka akan binasa selamanya, dan bahwa Kristus, Anak Allah, datang ke dalam dunia untuk menderita menggantikan orang berdosa di atas kayu salib, dan bahwa Dia mati, dan bahwa Dia bangkit dari kematian pada hari ketiga. Semua ini terjadi sesuai dengan nubuat-nubuat yang tercatat di dalam Kitab Suci Perjanjian Lama sebelum kelahiran Yesus.

Rick Warren tidak menyampaikan apapun yang mirip dengan hal ini dalam acara Ted Talk-nya. Bahkan, dia tidak berbicara mengenai Kristus sama sekali. Dia tidak mengatakan apa-apa tentang dosa manusia atau kekudusan Allah atau Salib atau penebusan atau kematian Yesus atau kebangkitanNya. Dia tidak menyinggung Kitab Suci atau nubuatan Alkitab. Dia menghabiskan kebanyakan waktunya untuk berbicara mengenai kesuksesan bukunya A Purpose Driven Life dan hal-hal yang dia telah lakukan, uang yang telah dia sumbangkan, proyek-proyek yang telah dia kembangkan. Lalu, pada saat-saat terakhir bincang-bincang selama 20 menit itu, setelah memberitakan nol Kristus dan nol Injil kepada jiwa-jiwa yang memerlukan yang menjadi penontonnya, Rick Warren menyimpulkan dengan kata-kata berikut: “Jadi kehidupan yang baik bukanlah mengenai berpenampilan baik, berperasaan baik, ataupun memiliki barang-barang. Intinya adalah menjadi baik dan melakukan hal yang baik. Ujung-ujungnya adalah bahwa Allah menikmati anda menjadi diri anda. Mengapa? Ia menciptakan anda. Dan ketika anda melakukan apa yang anda diciptakan untuk lakukan, Allah berkata, “Nah, itulah anak lelaki saya yang manis; itu anak perempuan saya yang manis.” Anda mempergunakan talenta dan kemampuan yang Allah berikan kepadamu. Jadi nasihat saya padamu adalah perhatikanlah apa yang ada di tanganmu, identitasmu, pengaruhmu, penghasilanmu. Dan katakanlah, ‘Ini bukan mengenai diri saya; ini adalah mengenai membuat dunia suatu tempat yang lebih baik.’” Ingat bahwa Warren mengatakan kata-kata ini kepada suatu kumpulan sekuler tanpa ada menyampaikan Injil yang alkitabiah. Ketika dia mengatakan dalam konteks demikian bahwa Allah memandang kepada orang-orang yang mencoba untuk melakukan apa yang semestinya mereka lakukan sebagai “anak lelakiku, anak perempuanku,” itu adalah kesesatan universalisme dan Father of God.

Bahkan ketika dia sedang dalam penampilan terbaiknya, misalnya dalam buku The Purpose Driven Life, Rick Warren menyampaikan injil yang paling dangkal dan kosong yang dapat dibayangkan, tetapi di acara Ted Talks itu dia sama sekali tidak menyampaikan Injil, dan itu adalah kejahatan di hadapan Allah Mahakuasa. Tentu saja, jika Warren adalah seorang pemberita Injil yang terus terang, pastinya dia sejak awal tidak mungkin diundang ke acara Ted Talk yang berhaluan New Age. Orang-orang yang mengundang dia ini sudah tahu akan Warren. Mereka tahu bahwa Warren tidak mungkin akan mengkhianati kepercayaan mereka dengan cara menusuk kesombongan manusia mereka atau menegur permusuhan mereka dengan Allah.

BALD EAGLE
(Berita Mingguan GITS 2 Februari 2013, sumber: http://www.wayoflife.org)
Bald Eagle (elang kepala putih) yang agung adalah burung nasional Amerika sejak tahun 1782. Burung ini adalah burung pemangsa yang besar, dengan tinggi hampir satu meter, dengan berat 4 hingga 6,5 kg, dengan rentang sayap 2-3 meter. Habitatnya mencakup kebanyakan Amerika Utara. Ia memiliki bulu kepala dan ekor yang putih terang, badan dan sayapnya coklat, dan kaki serta paruhnya kuning terang. Burung ini memiliki penglihatan yang sangat luar biasa, dan posisi matanya yang frontal memberikannya penglihatan binokular sekaligus periferal.

Ia dapat melihat mangsa dari sejauh 1 mil bahkan lebih. Elang kepala putih dapat mencapai kecepatan lebih dari 55 km per jam saat terbang lurus dan menukik dengan kecepatan 160 km per jam. Elang kepala putih adalah suatu maha karya dalam hal teknik pengurangan berat dan micro-engineering. Tulang-tulangnya berongga, dengan penguat di beberapa tempat untuk memperkokoh integritas struktur, dan seluruh tulang rangkanya hanyalah sedikit di atas seperempat kilogram. Ini memungkinkan sang burung cukup ringan sehingga bisa tinggal landas dan terbang, tetapi cukup kuat untuk menerkam turun kepada mangsa dalam kecepatan tinggi dan mengangkat mangsa, dll.

Seekor elang kepala putih memiliki kurang lebih 7000 bulu yang ringan tetapi sangat kuat, semua bulunya hanya memiliki berat total 600 gram. Bulu-bulu terbangnya mengandung struktur mikroskopik luar biasa yang saling mengunci, terdiri dari apa yang disebut barb dan barbule (setiap bulu dipertahankan oleh lebih dari 350.000 cantelan barbule), dan ada empat jenis bulu terang, tiap-tiap jenisnya memainkan peran yang berbeda dan penting dalam kemampuan terbang burung tersebut. Bulu-bulu ini memerangkap lapisan-lapisan udara untuk melindungi burung dari panas, dingin, dan hujan.

Burung ini memiliki kendali sempurna atas setiap bagian sayap dan ekornya untuk mendapatkan kemampuan manuver. Ia membunuh mangsanya dengan kukunya yang kuat, yang dapat menciptakan tekanan sebesar 700 Newton per cm kuadrat dengan setiap kakinya. Elang kepala putih memilih pasangan hidupnya untuk seumur hidup, dan sepasang burung biasanya membesarkan sarang yang sama selama beberapa tahun. Di Barat Laut Pasifik, British Columbia, dan Alaska, elang-elang kepala putih berkumpul untuk menikmati ikan salmon yang lahir di musim dingin awal. Saya melihat kira-kira 200 elang kepala putih dalam suatu daerah 10 mil di Sungai Skagit di negara bagian Washington pada bulan Desember 2012.

Editor: Betapa agung pencipta elang kepala putih! Tidak mungkin binatang yang sangat hebat ini terjadi dengan sendirinya.

Editor: Dr. Steven E. Liauw
Graphe International Theological Seminary (www.graphe-ministry.org)
(Didistribusikan dengan gratis, dengan mencantumkan informasi sumber di atas)
Untuk berlangganan, pilih opsi “Join Group” di: http://groups.yahoo.com/group/gits_buletin/ dan ikuti petunjuk selanjutnya di layar komputer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar