Kamis, Maret 10, 2016

12 DALIL YESUS Adalah TUHAN

1. Yesus menyebut DiriNya Sendiri Sebagai Tuhan.
(Yohanes 13:13 – Kamu memanggil Aku: Guru dan Tuhan. Dan kamu berkata benar, sebab Akulah Dia.)

2. Orang-orang Memanggil Yesus sebagai Tuhan.
a. Thomas – Yohanes 20:28 Dan Tomas menjawab dan berkata kepada-Nya, “Tuhanku dan Allahku! ”,
b. Orang-orang Pada Akhir Zaman
Matius 7:22 Banyak orang akan berkata kepada-Ku pada hari itu: Tuhan, Tuhan, bukankah dalam Nama-Mu kami telah bernubuat, dan dalam Nama-Mu kami mengusir setan, dan dalam Nama-Mu kami melakukan banyak mukjizat?

3. Yesus Tidak Melarang Orang-orang Lain MenyembahNya
a. Orang Kusta menyembahNya
Matius 8:2, Dan tampaklah seorang kusta yang datang menyembah kepada-Nya sambil berkata, “Tuan, jika Engkau mau, Engkau dapat menahirkan aku.”

b. Kepala Rumah Ibadat MenyembahNya
Matius 9:18, Sementara Dia membicarakan hal-hal itu kepada mereka, tampaklah seorang pemimpin yang datang menyembah kepada-Nya seraya berkata, “Anak perempuanku baru saja meninggal; tetapi tumpangkanlah tangan-Mu atasnya ketika datang, maka dia akan hidup!”

c. Murid-muridNya menyembahNya
Matius 28:9, Dan ketika mereka terus berjalan untuk memberitahu kepada para murid-Nya, maka tampaklah YESUS menjumpai mereka seraya berkata, “Salam!” Dan seraya datang mendekat, mereka memegang kaki-Nya dan menyembah-Nya.

4. Yesus Memakai Gelar-Gelar Ilahi bagi DiriNya (Matius 26:63b – 64, Anak Allah dan Anak Manusia, ada beberapa gelar ilahi lain yang dipakai oleh Yesus, Dengan memakai gelar2 ilahi itu, Yesus hendak menunjukkan bahwa Ia memang adalah Tuhan)
Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak."
Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit."

5. Yesus mempunyai otoritas Penuh atas Sorga dan Bumi
(Matius 28:18, Dan seraya mendekat, YESUS berbicara kepada mereka sambil berkata, “Segala otoritas di surga dan di bumi sudah diberikan kepada-Ku.)

6. Yesus Tidak Berawal dan Tidak Berakhir
(Wahyu 1:8, Yesus berfirman “Aku adalah Alfa dan Omega, permulaan dan penghabisan, Yang Ada dan Yang Telah Ada dan Yang Akan Datang, Penguasa Semesta.”
Wahyu 22:13, Akulah Alfa dan Omega, permulaan dan penghabisan, yang Pertama dan yang Terakhir.)

7. Yesus mempunyai Kuasa Untuk Mengampuni DOSA
(Markus 2:5, Dan setelah melihat iman mereka, berkatalah YESUS kepada orang lumpuh itu, “Nak, dosa-dosamu telah diampunkan bagimu.”

Markus 2:10 Akan tetapi, supaya kamu mengetahui bahwa Anak Manusia mempunyai otoritas di dunia ini untuk mengampunkan dosa,” Dia berkata kepada orang lumpuh itu,…)

8. Yesus adalah HAKIM manusia pada akhir zaman
(Matius 16:27, Sebab, Anak Manusia akan segera datang dalam kemuliaan Bapa-Nya, bersama para malaikat-Nya; dan kemudian Dia akan membalaskan kepada setiap orang sesuai dengan perbuatannya.)

9. Yesus berkuasa atas hidup mati manusia
(Yohanes 11:25-26a
YESUS berkata kepadanya, “Akulah kebangkitan dan hidup. Siapa yang percaya kepada-Ku, walaupun sudah mati, dia akan hidup.
Joh 11:26 Dan setiap orang yang hidup serta percaya kepada-Ku sekali-kali tidak akan mati selama-lamanya. ”)

10. Perkataan Yesus Tidak Akan Berlalu
(Markus 13:31, Langit dan bumi akan berlalu, tetapi firman-Ku sekali-kali tidak akan berlalu.)

11. Yesus menyejajarkan DiriNya dengan Bapa
a. Yesus Tak Terpisahkan dari Bapa,
Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu!”

b. Manusia Harus Percaya kepada Yesus seperti mereka Percaya Kepada Bapa,
Yohanes 14:1, Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

c. Manusia harus menghormati Yesus Sama Seperti Menghormati Bapa,
Yohanes 5:23, supaya semua orang menghormati Putra sama seperti mereka menghormati Bapa. Siapa tidak menghormati Putra, dia tidak menghormati Bapa yang telah mengutus-Nya.

12. Yesus Tidak Berasal Dari Dunia ini, Tetapi Dari SORGA Yohanes 8:23, Dan Dia berkata kepada mereka, “Kamu berasal dari bawah, Aku berasal dari atas. Kamu berasal dari dunia ini, Aku tidak berasal dari dunia ini.

KESIMPULAN:
Dari Pengakuan Yesus sendiri, Hal-hal yang dikatakan dan DilakukanNya, Gelar-Gelar yang DipakaiNya, Sebutan Orang kepadaNya dan Penyembahan orang yan Tidak ditolakNya, Dapat Disimpulkan bahwa Yesus adalah Tuhan yang layak DISEMBAH. Ia datang ke dalam DUNIA bukan dengan MENDEKLARASIKAN diri sebagai Tuhan, tetapi dengan berinkarnasi, mengambil rupa seorang HAMBA, lalu menderita dan mati untuk MENEBUS Manusia ciptaanNya dari DOSA (Markus 10:45, Sebab Anak Manusia pun datang tidak untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan jiwa-Nya sebagai harga tebusan ganti banyak orang.”)

Pendalaman Alkitab Manna Surgawi Maret 2016

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar