Sabtu, Februari 07, 2009

Hasil Sinod of Dort

Total Depravity = Kebobrokan Total. Kebobrokan total dalam konsep Kalvinis adalah manusia tidak bisa percaya kepada Kristus dan tidak memiliki kehendak bebas, manusia kehilangan kehendak bebas untuk percaya kepada Tuhan. Kalau tidak bisa percaya bagaimana manusia itu bisa selamat? Dengan pemilihan yang tanpa melihat kondisi.

Unconditional Election = Pemilihan yang tanpa melihat kondisi. Mereka melihat dari kekekalan dengan konsep pemilihan yang terbatas, pemilihan tanpa kondisi.Orang percaya karena dipilih, bila tidak dipilih, maka ia tidak akan bisa percaya kepada Kristus. Dengan kata lain Allah telah memprogramnya sedemikian rupa. Jadi untuk apakah Yesus datang kedunia? Untuk menebus orang-orang pilihan. Maka muncullah penebusan yang terbatas.

Limited Atonement = Penebusan yang terbatas. Allah hanya memilih sebagian untuk masuk Sorga, dimana yang tidak terpilih masuk ke Neraka. Karena Allah telah memilih orang yang pasti masuk surga, maka kematian Yesus terbatas hanya untuk orang-orang pilihan saja.

Irresistable Grace = Kasih Karunia yang tidak bisa ditolak Manusia telah jatuh dalam dosa secara universal. Karena sudah bobrok, tidak bisa merespon, maka Allah pilih tanpa melihat kondisi dan yang Ia pilih terbatas bagi orang pilihan saja. Oleh karena itu karunia itu tidak bisa ditolak.

Perseverence Of The Saints = Ketekunan orang-orang percaya. Dan ini adalah kesimpulan dari teologia TULIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar