Senin, April 21, 2008

PREDIKSI SINGKAT PEMILU 2009

1. HANURA Partai Hati Nurani Rakyat (Wiranto),
2. PPRN Partai Peduli Rakyat Nasional (Amelia A Yani),
3. PDP Partai Demokrasi Pembaruan (Roy Binilang Bawatanusa Janis),
4. PRI Partai Republik Indonesia (Laksda purnawirawan Wahyu Sasongko),
5. PMB Partai Matahari Bangsa (Imam Addaruqutni),
6. PKP Partai Karya Perjuangan (Jackson Andre William Kumaat),
7. PK Partai Kongres (Ny Zakariani Santoso),
8. PKN Partai Kerakyatan Nasional (Soebiantoro),
9. PGIR Partai Gerakan Indonesia Raya (Prof Dr Ir Suhardi),
10. PBN Partai Barisan Nasional (Prof Dr Ir Roy Sembel),
11. PNBKI Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (Eros Djarot),
12. PPD Partai Peduli Daerah (Mohammad Rafi`ie Husien),
13. PP Partai Patriot (Yapto Sulistyo Suryosumarno SH),
14. PKNU Partai Kebangkitan Nasional Ulama (Drs Choirul Anam),
15. PPB Partai Pembaruan Bangsa (Engelina H Pattiasina),
16. PNKRI Partai Nusantara Kesatuan Republik Indonesia (RMH Herue Siswanto NS),
17. PBB Partai Bintang Bulan (Hamdan Zoelva SH, MH),
18. PKD Partai Kristen Demokrat (Dr Tommy Sihotang SH, LLM),
19. PDI Partai Demokrasi Indonesia (Mentik Budi Wiyono),
20. PRN Partai Republik Nusantara (Letjen purnawirawan Drs Syahrir MSc),
21. PPSI Partai Persatuan Syarikat Indonesia (Rahardjo Tjakraningrat),
22. PIS Partai Indonesia Sejahtera (H Budiyanto Darmastono SE),
23. PK Partai Kedaulatan (H Ibrahim Basrah SH),
24. PNU Partai Nurani Umat (KH Mucharor AM),
25. GOLKAR (H. M. Jusuf Kalla)
26. PDI PERJUANGAN (Megawati Soekarnoputri)
27. PDS (Ruyandi Hutasoit)
28. PARTAI DEMOKRAT (Partainya Pak SBY)
29. PKS (Tifatul Sembiring)
30. PAN (Sutrisno Bachir)
31. PPP (??)
32. PKB (Muhaimin Iskandar)

Perhatikan 24 Parpol yg disebut pertama di atas lolos verifikasi DEPKEHHAM. 16 Partai dari 24 Partai Politik (Parpol) di PEMILU 2004 langsung masuk jadi Peserta PEMILU 2009 karena mempunyai kursi di DPR. Syarat ET 3% jumlah suara PEMILU 2004 tampaknya tidak berlaku karena aturan Partai Politik yg punya kursi di PEMILU 2004 langsung lolos dan menjadi Peserta PEMILU 2009.

Nah dari 24 Partai yg sudah disetujui dan lolos verifikasi DEPKEHHAM, katakanlah ada 12 Parpol yg lolos di Verifikasi KPU nanti, maka setidaknya Parpol Peserta PEMILU 2009 nanti akan menjadi 16+12=28 Parpol. Jadi Jumlah Parpol PEMILU 2009 kurang lebih akan sama dengan PEMILU 2004 yaitu lebih kurang 24 Parpol. PDP adalah Partai bentukan baru dari beberapa Ketua DPP yg keluar dari PDIP, PMB adalah Partai dari PAN, PKNU dari PKB. Yang menarik fenomena PKD (Partai Kristen Demokrat), akankah menjadi Parpol PEMILU 2009 nanti dan bersaing dengan PDS tentunya. Jika hal ini terjadi maka, hitung-hitungannya, suara pemilih Partai Kristen akan terbagi ke 2 Partai ini, dan juga perlu diingat banyak masyarakat Kristiani yg Nasionalis lebih memilih Partai Nasionalis seperti PDIP dan GOLKAR serta Partai Demokrat dibanding memilih Partai berbasis Agama. Di kalangan Muslim, suara Partai Politik pun terbagi ke Partai Nasionalis dan Partai berbasis Agama dan sangat mungkin PKS dan PPP yg akan bertahan dan menanjak di PEMILU 2009 dibanding PKB yg sedang menghadapi masalah intern Partai berkepanjangan, dan kita melihat begitu banyak Partai Berbasis Islam misalnya PKNU, PMB, PBB, PPSI, dll.

Bagaimana dengan peluang Partai-partai pendatang baru untuk PEMILU 2009? Tampaknya HANURA, PDP, PPRN, Partai NKRI, dll akan mendapat suara namun tetap saja tidak akan mempunyai kursi dan jumlah suara melebihi katakanlah seperti Partai Demokrat dan PKS di PEMILU 2004. Di negara kita tampaknya partai pendatang tetap butuh waktu untuk meraih Suara Signifikan dan butuh Figur Tokoh untuk mendapat simpati masyarakat selain Kejelasan Komitmen dan Program2 Partai tersebut. Any Comment?

Tambahan :

DR. Boediono, dosen FE UGM yang mengajar Perekonomian Indonesia, terkenal dengan kebijakan Fiskal ditambah dengan Beliau pernah menjadi Pegawai Bank Indonesia (Moneter), maka pengalaman dan kapabilitasnya memang tidak diragukan untuk menjadi Gubernur Bank Indonesia. Pribadi yg terkenal Hemat Bicara, tampak santai, analitis serta murah senyum ini memang dianggap cocok menjabat Gubernur BI layaknya Alan Greenspan, mantan Gubernur Federal Reserve (FED) USA. Meski sering di cap Kapitalis karena latar belakang studi Ekonominya di USA, namun sepertinya tuduhan ini tidak begitu beralasan. So be success, be a great and excellent di their job! We Support!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar