Sabtu, Agustus 01, 2009

CATUR, GBIA GRAPHE, GM SUSANTO dan GM Irene Karisma S


Dalam kejuaraan Catur yang diadakan oleh GBIA Graphe dalam serangkaian acara memperingati HUT Graphe ke -14 sekaligus memperingati Natal Yesus yang jatuh pada bulan Juni dan bukan bulan Desember, diadakanlah perlombaan Futsal dan CATUR, juga ada lomba Badminton, Cerdas Cermat Alkitab, dll.


Dalam perlombaan Catur tersebut Dr. Steven Einstain Liauw yang juga seorang dokter dan Doktor, keluar sebagai Pemenang. Beliau memang hobi dengan permainan Catur demikian pula dengan Dr. Suhento Liauw.


Ketika penulis melawan Susanto Megaranto, penulis tidak pernah menganggap remeh lawan manapun. Dalam pertandingan itu yang memakan waktu lebih kurang 3 jam, setelah melewati 1 jam masing2 demi 24 langkah pertama, terus permainan berlangsung cukup seru. Dengan memegang buah Putih kalo tidak salah ingat, saya mencoba terus melancarkan strategi2 terbaik, namun harus saya akui bahwa Pertahanan Susanto Megaranto pada waktu itu sangat baik, permainan yang memakan waktu 3 jam lebih itu akhirnya dimenangkan Susanto Megaranto akibat kekalahan satu pion, saya kalah dalam permainan akhir. Akhirnya penulis harus mengakui Pertahanan Susanto yg kuat dan tangguh bagai tembok kota yang kokoh.


Teringat kisah dulu, Penulis pernah bertemu juga dengan MI. Dede Liu yang menyapa penulis, meski beliau tidak mengenal saya. Penulis juga sempat bertemu dengan Master Catur Cepat DKI Jakarta, MI Irwanto. Saya asyik mengikuti permainan GM dan MI serta MF dan MN dari berbagai provinsi di Tanah Air yg berlaga di Palangkaraya 15 tahun silam.


Tahukah Anda, bahwa kita patut berbangga karena Indonesia telah memiliki banyak GrandMaster=GM dalam dunia Catur, sebut saja mulai dari GM. Utut Adianto, GM. Herman Suradiraja, GM. Susanto Megaranto, GM. Ardiansyah, GM. Edhi Handoko, GM. Cerdas Barus, dan masih sekitar 5 GM pria lagi.


Namun, jangan pernah lupa, bahwa dalam dunia catur Indonesia, tersebutlah nama GM wanita satu-satunya yaitu GM. Irene Kharisma Sukandar, Gadis remaja ini mempunyai ambisi lain untuk mendapatkan GM Pria seperti GM Judit Polgar, yg setelah mendapat gelar GMW (GM Wanita) lalu mendapat gelar GM Pria.


Kita doakan saja semoga semakin banyak lahir GM di Indonesia yang mengharumkan nama bangsa dan negara di dunia Internasional.

MERAH PUTIH TERUSLAH KAU BERKIBAR.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar