Jumat, Mei 22, 2009

PELAYANAN DUNIA INTERNET

Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Salah satu cara memberitakan Firman adalah melalui dunia internet, bisa melalui website atau blog atau mungkin juga lewat Chatting. Saya lebih sering melakukannya melalui wahana Blog dan website serta lewat milist2 Kristiani yg bisa saya ikuti. Dalam kesempatan ini saya ingin membagikan sesuatu melalui website/situs Direktori Kristiani. Dulu saya dan beberapa teman IT sempat berdiskusi untuk membuat Website/situs Kristiani terutama untuk kalangan anak muda berisi berbagai artikel kekristenan seperti Doktrin/pengajaran, Humor, Berita kegiatan gereja, dll. Namun sayang tidak terealisasikan karena kesibukan masing-masing. Akhirnya saya berpikir, cara yg paling sederhana dan yg bisa saya lakukan yaitu membuat blog dan website sederhana.

Cara lain untuk memberitakan Firman Tuhan tentu banyak, bisa lewat PI secara langsung door to door seperti yg dilakukan Bidat Mormon di USA, atau Bidat Saksi Yehuwa. Dua bidat ini sangat militan dan terorganisasi dalam PI Door to Door. Sebagai orang Kristen saya merasa malu dan tentu salut dengan mereka.

Cara lain lewat media massa seperti buletin, tabloid/koran/majalah rohani, kaset khotbah, cd/vcd/dvd khotbah, diskusi dan atau debat, dll. Contohnya Buletin Pedang Roh dari GBIA Graphe yg dibagikan Cuma-Cuma ke 4000 orang/gereja yang mau, Koran Reformata, Gloria, Keluarga, Tmore, Majalah Gfresh, Getlife, BAHANA, Gaharu, majalahnya Pdt.DR. HC Erastus Sabdono, dll. Ini termasuk pelayanan media dalam skala besar dan butuh dukungan dana, entah itu dijalankan secara gratis maupun bayar.

Ketika menulis artikel entah untuk buku atau artikel blog, banyaklah bantuan yg saya dapatkan terutama dari dunia internet yang sangat kaya dalam informasi. Meski saya akui masih banyak orang Kristen dan gereja Kristen menggarap website/situs dan blog dengan asal-asalan bahkan jarang update dan akhirnya mati, juga jarang dikunjungi karena kurang publikasi. Sangat disayangkan. Namun masih banyak juga yang menggarap dengan profesional atau cukup baik, karena mempunyai Tim IT dalam gereja atau perorangan.

Mau contoh, misalnya situs www.terangdunia.com, www.glorianet.org, juga www.yabina.org, mereka mempunyai Tim IT, dan lumayan diupdate berkala, ada yg harian, mingguan, bulanan. Situs yg baik dan banyak dikunjungi tentunya yg lebih sering diupdate berkala, berbobot dalam artikel dan berita, dll.

Beberapa teman IC dan teman2 milis, sudah lumayan banyak masuk ke situs Direktori Kristen ini. Saat ini sudah sekitar 6rb Hit Counter. Saya sudah mengumpulkan berbagai alamat situs kristen sejak tahun 2001 dan sebenarnya sudah sejak tahuan 2003 mungkin sudah saya muat di Web, cuma saya publikasikan hanya kepada teman2 dekat. Tahun 2005 adalah tahun yg saya cantumkan di web ini. Dulu alamat web ini begitu panjang www.geocities.com/dd123id/BARU.html saya persingkat menjadi www.webkristiani.co.cc.

Harapan, Motivasi saya awalnya hanya hobi semata, karena perkenalan saya dg dunia internet baru dimulai pada tahun 2001. Saya mengumpulkan satu per satu, bagaikan mengumpulkan butiran pasir di tepi pantai. Mengapa saya tertarik? Salah satunya karena saya suka belajar dari berbagai website kristen yg ada, juga suka mencari dan mengetahui info2 tt seputar dunia kekristenan.

Dalam web ini, maybe sudah 3rb alamat situs yg berhasil saya kumpulkan. Semuanya saya bagi dalam beberapa kategori, diantaranya

Situs Gereja2&Lembaga Gerejawi (Gereja2 di Indonesia, Situs Paroki/gereja Katolik, Situs Gereja Indonesia di Luar Negeri dan Gereja Luar Negeri yg ada di Singapore, USA, Australia, Singapore, Eropa, dll, Situs Grace Bible Church, Situs Gereja Baptis Luar Negeri, Situs Catholic Churches, Situs Reformed Church, Situs CHURCH of CHRIST CHURCHES / COC,Situs EVANGELICAL-LUTHERAN-PRESBYTERIAN CHURCHES, Situs PENTECOSTAL CHURCH , Situs ANGLICAN-ORTHODOX-EPISCOPAL-METHODIST CHURCHES, DENOMINASI LAIN-LAIN, INTERDENOMINATIONAL CHURCHES , DAFTAR WEBSITE GEREJA sumber lain),

Situs Katolik,

SITUS PELAYANAN ANAK,

SITUS PELAYANAN WANITA,

SITUS KELUARGA,

SITUS BIRO JODOH MUDA MUDI,

SITUS TEOLOGI & BIDAT,

SITUS ARTIS & TOKOH KRISTEN ,

SITUS LEMBAGA & YAYASAN,

Situs MISI & LEMBAGA MISI,

SITUS ALKITAB & PA, APOLOGETIKA, KHOTBAH,

SITUS DOA,

SITUS CHRISTIAN DRAMA,

SITUS PENERBIT BUKU,TOKO BUKU, FILM, DVD/CD/KASET,

SITUS MUSIK ,

SITUS PELAYANAN,

SITUS MINISTRY INTERNASIONAL,

SITUS MEDIA ELEKTRONIK TV,RADIO ,

Situs BERITA,MAJALAH,JURNAL,RENUNGAN HARIAN, KORAN,

SITUS NUBUATAN & AKHIR ZAMAN,

SITUS EURO 666 ,

Situs UNIVERSITAS-SEKOLAH KRISTEN-STT di NKRI & LN,

Situs SD/SMP/SMU KRISTEN/KATOLIK ,

Situs PENDIDIKAN UMUM ,

SITUS MILIST alias Mailinglist (anda bisa join dalam beberapa milist ini)

SITUS KESAKSIAN,

SITUS FUNDAMENTAL,

BLOG TEMAN2,

Situs PERSEKUTUAN MAHASISWA & PEMUDA,

SITUS KARTU UCAPAN,

SITUS NATAL,

SITUS PASKAH,

SITUS KEPEMIMPINAN/LEADERSHIP,

SITUS GAMBAR KRISTEN,

SITUS PENYEDIA JASA DOMAIN HOSTING & BLOG ,

SITUS TOUR&TEMPAT RETREAT KRISTEN DI LUAR NEGERI dan

SITUS REVIVAL & KEBANGUNAN ROHANI

Sekitar 3000 situs/website/blog sudah dikelompokkan dalam 38 Kategori di atas. Beberapa situs mungkin belum tepat dalam pengkategorian, namun sebagian besar sudah tepat. Kiranya teman-teman bisa menyebarkan info ini ke semua orang Kristen yg membutuhkan dan para hamba Tuhan yang saya yakin akan sangat berguna dalam mencari berbagai informasi seputar masalah Hidup dan Kehidupan, Pembelajaran Alkitab, Keluarga, Gereja, Sekolah&STT, musik, gambar, video, dll

Apa yang baru diupdate dalam situs webkristiani.co.cc ini? Cukup banyak tambahan situs yg saya temukan baik dari buku, e-book, google, atau juga informasi teman-teman yg mengirim email ke saya memberitahukan adanya situs baru yg mereka buat,dll mulai dari Situs mengenai Gereja-Gereja Baptis di Luar Negeri, beberapa situs tambahan Situs Fundamental yg penting buat belajar Alkitab, situs Seminary Luar Negeri, dll.

Kira-kira 85% dari semua situs ini berbahasa Inggris, dan 14,5 % berbahasa Indonesia serta 0,5% tersedia dalam bhs Jerman, Belanda, Mandarin, Ibrani, dll. Ada kuis nech? Berapa jumlah semua situs dalam webkristiani,co.cc, situs mana saja yg sudah mati? Hahahaha, kalo ada yg bisa jawab dg tepat hebatJ soalnya saya sendiri belum pernah menghitung dg pasti. Jangan-jangan kurang dari 3rb atau malah lebih ya?:) Who Body Knows?

Harapan saya selain berguna bagi semua yg browsing, mereka tentunya dapat berpartisipasi dalam mengembangkan Update website/situs, dg cara memberitahukan kepada saya via email yg tertera di bawah web, mana situs yg sudah mati, ganti nama, situs baru, dll sesuai kategori yg sudah ada.

Pada bagian atas saya cantumkan Hit Counter. Pada Bagian Bawah saya cantumkan posisi Teologi saya sebagai seorang kristen, sehingga orang-orang Kristen bisa mengetahui posisi teologi saya. Harapan saya, mereka bisa setuju dg saya dalam posisi teologi tersebut, sejauh saya menggali Alkitab dan belajar Alkitab, sehingga teman-teman bisa menghemat waktu, dan dg cepat tahu mana yg Benar. Dalam posisi Teologi, saya suka sampai pada hal yg kecil dan mendetail, sehingga bisa membedakan ajaran gereja yg satu dg yg lain. Seperti pernah saya katakan, semakin umum pengakuan Iman/posisi teologi gereja anda/anda sendiri, sangat mungkin, semua orang bahkan bidat sekalipun bisa masuk kategori yg sama dg anda/gereja anda. Semakin khusus dan mendetail Pengakuan iman/posisi teologi anda, akan semakin terlihat perbedaan anda dg gereja/orang lain.

Banyaklah uang yg sudah saya habiskan dengan berjam2 di Warnet, sambil mengumpulkan satu per satu situs demi situs. Dulu saya pikir, “Dede, Dede lu emang kurang kerjaan banget.” Namun saya yakin dihadapan Tuhan, pelayanan kecil ini bermanfaat bagi sesama. Contohnya, ada teman yg kesulitan dalam mencari tema tertentu dari situs kristen. Mereka pernah bertanya lewat sodara saya, maupun langsung kepada saya. Lalu saya tinggal menunjukkan alamat website ini yg baru saya pakai domain ini kira-kita akhir 2008, meski Cuma berlaku satu tahun, karena daftar gratis, dan tdk membeli versi domain berbayar.

Puji Tuhan, saat ini sudah ada laptop baru yg diberikan Cuma-Cuma kepada saya dari seorang Opa. Sehingga saya bisa pergi ke area HotSpot/Wi-Fi area. Baru sekitar 4 minggu lalu saya menerima Laptop itu.

Saya berharap sampai Maranatha, situs ini bisa terus eksis. Dengan meyakini, Tuhan YESUS bisa datang kapan saja, PERHAPS TODAY!

Kiranya Tuhan YAHWEH memberkati pelayanan yg kecil ini. GBU all

Visi saya KONSISTEN MENGABARKAN INJIL VIA Blog dan Situs

Misi saya Mewarnai dan Mengubah Dunia melalui Tulisan

Saya juga berharap suatu hari semua alamat website di atas bisa dijadikan dalam sebuah buku saku yg cukup tebal, dan bisa dibawa kemana-mana.

Bersukacitalah di dalam Tuhan, tetaplah berdoa.

Bersukacitalah di dalam Tuhan, *angkat tangan Pujilah Dia,

Bersukacitalah di dalam Tuhan di dalam YESUS Penyelamatku,

Muliakan Tuhan sbab Dialah Raja, kita umat-Nya memuji Dia,

skali lagi bersukacitalah di dalam Tuhan* GBU all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar